Pertumbuhan & Perkembangan. PPD

A.    Pertumbuhan

pertumbuhan adalah prosess fisikologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada individu manusiadalam waktu dan tahapan-tahapan tertentu. Ex : tinggi badan, berat badan, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan antara lain psikologis, makanan, lingkungan.


B.    Perkembangan

Perkembangan bisa di artikan menjadi tiga arti, yaitu :
  1. Perkembangan adalah perubahan sistematik tentang fungsi-fungsi pisik dan psikis. Perubahan fisik meliputi perkembangan biologis. Perubahan psikis meliputi seluruh karakteristik psikologis individu (kognitif, emosi, sosial. Moral).
  2. Perkembangan adalah sebagai proses perubahan kuantitatif dan kualitatif individu dalam rentang kehidupanya. Mulai dari masa balita, anak-anak, remaja, dewasa, manula, hingga wafat.
  3. Perkembangan adalah suatau proses perubahan dalam diri individu atau organisme baik pisik(jasmani), maupun psikis (rohani) menuju tingkat kedewasaan atau kematangan yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan
yang dimaksud dengan sistematis, progresif, dan berkesinambungan adalah :
Sistematis : saling mempengaruhi antara bagian-bagian  organisme fisik dan pskikis , ex : seiring dengan matangnya hormon seksual semakin brminat dengan lawan jenis.
Progresif : perubahan bersifat maju, meningkat, mendalam dan meluas baik fisik maupun psikis, ex : tinggi badan yang semakin meningkat, berta badan yang semakin meningkat, pemikiran anak yang mulanya sederhana ketika bertambah usia pemikiranya menjadi lebih komplexs.
Berkesinambungan : artinya tahapan-tahapan yang terjadi dalam perkembangan individu selalu berurutan dan beraturan tidak terjadi secara loncatan atau kebetulan, ex ; untuk berjalan seorang anak harus melalui tahaan-tahapan

0 Response to "Pertumbuhan & Perkembangan. PPD"

Post a Comment