Cirir-ciri & Prinsip-prinsip perkembangan. PPD

Cirir-ciri Perkembangan 
  1. Terjadi perubahan ukuran : dalam aspek fisikterjadi perubahan dalam tinggi dan berat badan serta anggota tubuh yang lainya. Dalam aspek psiskis semakin matangnya kemampuan berfikir dan mengingat.
  2. Terjadinya perubahan proposi : aspek fisisk ex: pada usia remaja prposi tubuh anak mendekati ukuran usia dewasa. Aspek psikis ex : perubahan imajinasi dari yang fantasi ke realita.
  3. Lenyapnya tanda-tanda lama : aspek fisisk ex : lenyapnya gigi susu da bulu-bulu halus pada anak-aak ketika memasuku usia remaja. Aspek psikis ex : lenyapnya masa mengoceh dan perilaku implusif pada anak-anak.
  4. Munculnya tanda-tanda baru : aspek fisik ex : tumbuhnya gigi tetap dan matangnya hormon seksual pada yusia remaja. Aspek psikis ex : berkembangnya rasa aingin tahu.
Prinsip-prinsip perkembangan 
  1. Perkembangan merupakan prosses yang tidak pernah berhenti.Perkembangan, baik fisik maupun psikis berlangsung secara terus-menerus sejak masa konsepsi sampai mencapai kematangan atau masa tua.
  2. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhiSetiap aspek perkembangan individu baik fisik, intelektual, emosi, sosial, maupun moral-spiritual satu sama lainya saling mempengaruhi. Ex: apabila seorang anak dalam pertumbuhan fisiknya mengalami gangguan maka dia akan mengalami kemandegan dalam aspek lainya.
  3. Perkembangan mengikuti pola atau arah tertentuPerkembangan tejadi secara teratur mengikut pola dan arah tertentu setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan tahap sebelumnya. Pola perkembangan itu sebagai berikut :
  • Cephalocaudal (perkembangan itu dimulai dari kepala ke kaki, artinya yang tang duluan itu bagian atas kemudian bagian bawah, dan tidak mungkin terbalik)dan perkembang itu di bergerak dari tengah seperti paru-paru dan jantung ke bagian tubuh lainya.
  • Struktur mendahului fungsi, yang berarti bahwa anggota tubuh individu akan berfungsi setelah matang strukturnya.
  • Perkembangan itu berdiferensiasi, yang berarti bahwa perkembangan fisik maupun psikis berlangsung dari umu ke khusus. Ex: bayi mengoceh-ngoceh sebelum dia berbicara dengan baik.
  • Perkembangan berlangsung dri konkrit ke abstrak, yang berati bahwa perkembanganitu berfose dari kemampuan berfikir konkret menuju abstrak.
  • Perkembangan berlangsung dari egosentrisme ke prespektivisme, yang berarti bahwa pada semulanya anak hanya mementingkan dirinya sendiri dan kebutuhan dirinya sendiri.
  • Perkembangan berlangsung dari out-control ke inner-control, yang berarti bahwa pada awalnya anak sangat tergantung kepada pengawasan atau bantuan orang lain  hingga semakin dewasa di akan semakin mandiri.
  • Perkembangan terjadi pada tempo yang  berlainanPerkembangan fisik dan psikis mencapai tingkat kematangan terjadi pada tempo yang berbeda. Ex: otak anak mencapai bentuk ukuran yang sempurna terjadi pada umur 6-8 tahun, tangan kaki dan hidunng mencapai bentuk kesempurnaanya terjadi pada usia remaja.
  • Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khasPrinsip ini dapat di jelaskan dengan contoh: sampai usia 2tahu, anak memusatkan perhatianya untuk menguasai gerak-gerik fisik dan belajar berbicara, dan pada usia 3-6 tahun perkembangan di pusatkan untuk menjadi manusia sosial belajar bergaul dengan orang lain.
  • Setiap individu yang normal akan mengalami fase perkembangan Individu yang normal pasti akan mengalami fase dengan dimulai dari masa konsep, bayi, anak-anak,remaja, dewasa, manula.

0 Response to "Cirir-ciri & Prinsip-prinsip perkembangan. PPD"

Post a Comment