Galeri Kota Sampit

Assalamualaikum sobat semuanya !!!
Alhamdulilah ya,,kita berjumpa kembali...Kali ini, saya atas nama anak sampit akan berbagi memorial tentang kota sampit, ya sekedar ingin memperkenalkan kepada sobat semua tentang kota sampit yang cantik ini, ihihihi... ya beginilah sob kalo lagi kasmaran sama kota asal... jd mau curhat-curhat melulu.. ssemoga sobat menjadi pengunjung yang setia ya ,,,, sobat dah gk sabar ya ??? Ok sob ,, mari kita bahas galeri kota sampit 
PELABUHAN SAMPIT 
kota sampit
Pelabuhan sampit
 Gambar diatas merupakan salah satu dari banyak pelabuhan di kota sampit sob ,,, foto itu nyata loh sob ,, bukan rekayasa atau mengambil dari tempat lain,,, asli dari Sampi. Yah sobat tau kan apa kegunaan pelabuhan... pelabuhan ini tempat turun dan naiknya barang-barang yang datang dari luar sampit, dan barang-barang yang akan dikirim dari Sampit ke luar Sampit. Pelabuhan ini posisinya di pinggir aliran Sungai Mentaya, dan berdekatan dengan PPM, tau PPM gk sob ??? PPM itu artinya Pusat Perbelanjaan Mentaya,, hihihisenyum. Kalo malem dan kalo lagi tidak ada kegiatan bongkar muat,,di pelabuhan ini sering dijadikan tempat orang-orang untuk brsantai sob ,, segala usia pada datang ketempat ini,, dengan berbagai tujuan,,, ada yang cari makan,, ''maksudnya cari jajanan malam ya sobsengihnampakgigi, ada juga yang cuma mau bersantai dengan teman,keluarga,atau pasangannya. di pelabuhan ini juga ada restoran terapung sobb ,,, jd sambil makan, kita bisa menikmati keindahan kota sampit. . seru kan ,, kita lanjut ke step brikutnya....
SUNGAI MENTAYA 
SUNGAI MENTAYA SAMPIT
Ini dia sob salah satu yang menonjol di kota sampit,, ini adalah salah satu sungai yang dijadikan tempat banyak kegiatan dan aktifitas, seperti perdagangan, pelayaran kapal, penyebrangan, juga dijadikan sebagai tempat wisata loh sob ... nama sungai ini adalah sungai Mentaya ... sungai ini panjangnya hingga ke daerah Bejarum sob ,, bahkan masih panjang lagi ... sungai ini bermuarakan di laut jawa, di sungai inilah berbagai macam kapal berlayar pulang dan pergi, ada kapal penumpang, kapal barang, tongkang, dll sob. di sepanjang aliran sungai ini juga dijadikan tempat mencari nafkah para penduduk sampit, ada yang cari iwak, ada yang cari besi, dll sob. di tepian sungai ini juga dijadikan tempat perumahan penduduk sob,, tapi sobat jangan salahtakbole,, walaupun permukiman rumah di tepi sungai,, permukiman ini teratur, bersih dan nyaman sob ,,, di tempat ini jga dijadikan sumber air PDAM bagi seluruh arga Kota Sampit, hingga saat ini saya tidak pernah mendengar Sampit kekeringan sob ,,sengihnampakgigihihihi. dan ini dia yang paling unik sob ,,, disetiap bulan safar warga sapit menggelar acara yang ynik ,, yaitu Mandi Safar di Sungai mentaya,, acara ini dilakukan di bulan safar,, kalo tanggalnya gk nentu sob ,,,semua warga sampit, tanpa pandang umur membanjiri sungai mentaya untuk mandi rame2, katanya ya sobihikhik... mandi safar itu bisa membuang sial .. itu menurut keyakinan warga setempat. saya sering ikut madi safar sob ,, dan rasanya sangat menggembirakan. Lanjut ke step selanjutnya,
PUSAT PERBELANJAAN MENTAYA
PPM Sampit
PPM Sampit
PPM Sampit
Nah ini dia sob ,, yang udah saya bicarakan diawal tadi, Pusat Perbelanjaan Mentaya...ketahuan dari namanya saja, tempat ini pasti berisikan penjual dan pembeli, konsumen dan produsen. Yappp.. tempat ini adalah salah satu Pusat Belanja Terbesar di Kota Sampit ... sebenarnya ada yang lebih besar dari ini sob ,, cuman masih dalam proyek pembangunan., di PPM semua jenis barang kebutuhan ada sob, mulai dari bahan pokok, kaya beras,nasi,sayur, dan sembako lainnya, ada juga Elektronik, berbagai macam peralatan elektronik ada disini sob, Baju dan fashion lainnya juga ada disini sob, pokoknya pusatnya belanja deh sob ,, barangnya juga gk kalah dengan yang ada di mall, atau butik-butik sob ... di tempat ini disetiap harinya selalu disibukan dengan kegiatan. mulai dari subuh hingga petang. seperti yang sudah saya jelaskan tadi,, tempat ini berada di tepi aliran sungai Mentaya dan berdekatan dengan Pelabuhan Sampit. OK lanjut ke step berikutnya ...
 TAMAN KOTA SAMPIT
taman Kota Sampit
Foto diatas merupakan piagam penghargaan  yang diberikan kepada Kota Sampit, karena menjadi Kota Kecil Bersih dan Indah. piagam tersebut posisinya di TKS sob ,,, sobat tau TKS gk ??? klo belom tau ,, sobat mau q kasih tau gk ??, eitssss,, Wani Piromarisini,,, hehehe becanda kok sob, TKS itu singkatan dari Taman Kota Sampit ,,, taman ini dijadikan tempat rekreasi, refreshing, joging, jalan-jalan, nongkrong, dll. kalo ada acara-acara besar seperti, pawai, buka bersama di bulan puasa, konser musik, kampanye partai, dan pertunjukan-pertunjukan juga di adakan di taman ini sob,,, di sekitar taman banyak dijumpai warung-warung dan pedagang-pedagang, ada yang jual makanan, jual baju celana, konter,  dll sob , di tempat ini juga ada arena bermain anak-anak dan lapangan basket sob. pokoknya seru deh sob tempatnya. Lanjut ke step berikutnya .. 
BUNDARAN SAMPIT
bundaran polres
Ini namanya bundaran Sampit sob ,, tapi orang-orang lebih sering menyebutnya bundaran polres sobtumbuk, karena letaknya yang dekat polres sampit sob, bundaran ini merupakan salah satu dari 3 bundaran besar di Kota Sampit, bundaran ini bisa dikatakan sebagai pusat Kota Sampit, karena posisinya yang berada di tengah kota sampit, bundaran ini juga terletak di jalan yang ramai ,,, jalan ke pelabuhan sampit dan jalan menuju pangkalan bun. bisa kita lihat di bundaran tersebut terdapat lambang garuda, yang berari Kota Sampit merupakan salah satu kawasan naungan NKRI, dan ada lambang tameng, mandau, dan tombak, yang merupakan lambang suku dayak kalimantan, dan ada guci yang merupakan lambang serta logo kotawaringin timur.
bundaran KB
Ini namanya Bundaran KB sob ,,, dinamakan bundaran KB , karena ???? biar gk saya jelasin,, pasti sobat udah taugigitjari... tuh ada lambang gede bertuliskan KB, kalo arti dari KB sendiri saya belom menemukan yang sebenarnya,, ada yang bilang artinya Kota Besar, ada juga yang bilang Keluarga Berencana, hehehe, ada yang unik loh sob dari bundaran ini, yaitu setiap sore.. mulai jam 15:00 sampai jam 18:00 ,, tempat ini di jadikan tempat muter-muter para muda-mudi sampit, pokoknya bejibun bangeddd sob,,, apalagi kalo sabtu sore, pas malem minggu ... wihhhh, bundaran ini di ramaikan oleh para muda mudi yang tawaf (mutar-mutar) di bundaran, mutar-mutarnya pake motor sob,, seperti udah kewajiban saja sob,, muter-muter disini,,terkadang setelah mutarin nih bundaran,, para pemuda jalan masing-masing,,,ada yang nongkrong, makan, pacaran, dll.. dan kalo udah jam 18:00, ,, ini merupakan titik puncak kepadatan bundaran KB, .. nyaris kaya orang antri bbm sob padetnya... sampe amang-amang yang mau sholat magrib gk bisa lewat,,, hihihihi...pokoknya seru dan asyik sob ,,, saya jadi teringat masa remaja saya.
PADANG KELAKAI
kelakai di sampit
Sobat bingung ya dengan istilah padang kelakai,,, apalagi kalo melihat gambarnya yang seperti itu.... kelakai adalah sayur khas sampit,, sebenarnya kalo dikatakan sayur kurang pas ya ,,,, soalnya tumbuhan ini tidak ditanam .. melainkan tumbuh liar, tapi ,, tanaman ini sangat lezat kalo di sayur sob .... enak banged sob ,, tanaman ini termasuk golongan pakis. dan bisa dijumpai di banyak tempat. jadi mudah mendapatkannya.
Helm GM
helm GM
Ada apa dengan helm GM ???? ini cuma posting ya sobdoa ,, sama sekali tidak bermaksud promosi dan menjelekan suatu produk., hihihi, bagi pemuda dan remaja sampit ,, ini merupakan helm yang membawa aura tersendiri bila di pakai, berbeda dengan helm merek lain.. helm ini menjadi helm no.1 di Sampit, bahkan ,, hampir seluruh warga sampit.. muda dan tua, pake helm ini. saya pernah bertanya kepada beberapa teman saya,, ''Kenapa kok orang sampit suka dengan helm GM, kok gk suka helm selain GM''... jawabannya rata-rata sama,.....'' karena TOP dan TREND di sampit, kalo helm yang lain gengsi unda memakainya''. pokoknya helm ini udah jadi pilihan bagi remaja sampit, bahkan bisa lebih sayang sama helm dari pada sama pacar. saya juga bingung sob dengan helm GM .dari tahun ke tahun helm ini tetap menduduki peringkat no.1 di tingkat helm terbaik dan terpopuler di Kota Sampit.


OK sob ,,, itu tadi sekilas mengenai galeri kota sampit, semoga kota sampit terus maju dan berkembang, dan semoga bermanfaat bagi sobat semuanyatepuktangan.

26 Responses to "Galeri Kota Sampit"

  1. bagus bgt ...top deh kota sampit

    ReplyDelete
  2. hahaha.. di medan merk helm LTD yg jadi kebanggaan, pake helm LTD gengsinya bisa lebih tinggi, apalagi dibarengi naek Kawasaki Ninja, full topnya!

    salam kenal

    ReplyDelete
  3. bagus banget nih postingan, aq copy paste ya.. buat ku bagikan ketemen-temen lainny,,
    go sampit. . .

    ReplyDelete
  4. tp, sy ilfil juga karena tragedi sampit yg dulu2 itu..

    ReplyDelete
  5. itu hanya sepenggal kejadian ,, dan semoga tidk pernah terulang kembali ,,, asal ingat ''dimana langit di junjung di situ bumi di pijak''

    ReplyDelete
  6. saya suka postingn ini..menunjukkan sisi lain yg sbenarnya kota Sampit itu indah,nyaman,dan ngangenin..
    saya jg klo dtmpt kuliah saya skrg,tiap ditanya asalnya drmn,,pst responnya "sampit yg dlu kerusuhan itu ya?"...

    _WuLaN_

    ReplyDelete
  7. yah q jga snang dsampit skrng, alx asik dan nyaman az..

    ReplyDelete
  8. suka dengan postingan ini, saran aja..kasi lbh byk info & foto mngnai Sampit, sbg anak asli sana, saya rasa ada byk lg info yg bs dsampaikan, kulinernya, proyek2 pmbangunan jangka pendeknya, view view lain yg ga kalah mantap..mski sy juga skrng ga domisili dsana,tp sy tau persis gmn tu kota hehe..sukses yoww

    ReplyDelete
  9. wah aku baru baca nih :D
    ngakak bnor kelakai dibawa2 segala. tambahin lg pang ttg sampitnya?

    ReplyDelete
  10. Brad skrang gw di sampit.. Postingan lo tuh ga bohong adem lahhh skrang disampit tpi helm yg di pake skrang NHK sop...

    ReplyDelete
  11. Iya sobb,, sekarang emang lagi musimnya helm NHK ,, GM udah jarang diminati lagi,,,,biasalah remaja sampit emang suka rame2 make barang ,,,hehehe

    ReplyDelete
  12. Brad tdi lau mandi safar sma nonton tari giring2... Lau di sampitnya di mana brad....?????

    ReplyDelete
  13. Di Ketapang sob,,, jl. DI .Panjaitan...

    ReplyDelete
  14. nhk ink skrg jdi primadona anak remaja sampit,knpa bnya kelakai,,,, kulat suhung jgn dilupakan wal wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. Haraa Siep by : baguz nagg spenda

    ReplyDelete
  16. saya suka sekali posting ini, kangen bgt dg Sampit
    ketika lama gak pulang ke Sampit. sayur kelakai, iwak kapar,gangan asam pake rembang bikin kangen...
    dan berkat adanya posting ini saya bisa menjadikannya bahan buat tugas. saya akan eksplor ttg sampit, shg org tahu kalo sampit gak cuma kota kerusuhan *soalnya pd kenal sampit krn ini*
    mari kita majukan Sampit tercinta
    saya kgn pulang kampung....

    ReplyDelete
  17. Ada yg tahu info grosir pakaian..dan grosir sprei di sampit ga??

    ReplyDelete
  18. Hai saya mau ke sampit tgl 3-6
    Kira kira tgl segitu di sampit ada acara budaya dan seni kah?

    ReplyDelete