Bahaya Melepas Battery Laptop

Bahaya Melepas Battery Laptop,Bahaya Melepas Baterai Laptop
Assalamualaikum sobat semuanya ...
Melepas batrai laptop saat di ces atau chargher mungkin sudah menjadi informasi yang tidak baru lagi, Banyak orang yang Melepas Battery Laptopnya saat di ces ,, katanya biar battery laptop awat dan tahan lama''. Apakah benar demikian sobat ??? Sebagian orang menduga bahwa arus yang dialirkan dari adapter terus mengalir ke baterai dan baterai terus menyuplai daya ke laptop.


Sedangkan kita juga tahu bahwa semakin sering baterai melepas muatan dan diisi ulang, makin cepat juga baterai itu kehilangan daya muatnya. Mungkin dugaan seperti ini yang membuat orang khawatir akan umur baterainya. dan melakukan pelepasan baterai saat di digunakan sambil di ces....Padahal sebenarnya tidak seperti itu sob.

Membiarkan laptop tetap terhubung adapter tanpa melepas baterai tidak akan merusak atau mempengaruhi umur baterai karena setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged, baterai akan berhenti menerima energi. Dengan kata lain, energi yang dialirkan dari adapter akan di-bypass langsung menuju sistem power supply laptop.
Namun, ada kondisi dimana kita harus melepas baterai, yaitu saat laptop mengeluarkan panas berlebih. Misalnya saat laptop digunakan untuk pekerjaan berat terus menerus seperti menjalankan game. Saat hardware laptop mengeluarkan panas berlebih, panas tersebut akan turut memanasi baterai. Nah, panas inilah yang dapat merusak baterai.

Jadi, jelas sudah, kita tidak perlu melepas baterai laptop saat terhubung ke adapter pada penggunaan normal yang tidak menghasilkan panas berlebih. Sebaliknya saat laptop mengeluarkan panas berlebih, tentu melepas baterai laptop sangat diperlukan untuk memperpanjang umur baterai.
 
alasan kenapa kita tidak perlu melepas batrai laptop ::daya listrik naik turun. bagi sobat yang menggunakan Stavolt atau UPS saat ces laptop,, mungkin hal ini tidak masalah, tapi bagi sobat yang ngeces laptop tanpa stavolt atau UPS, saya sarankan tidak usah, karena kita tau sendiri Listrik PLN naik turun, sesuai dengan pemakaian konsumen yang banyak,,, kondisi listrik yang seperti ini dapat menimbulkan kerusakan pada hardware, tidak hanya laptop, semua barang elektronik lainnya tentu akan cepat mengalami kerusakan jika daya yang diterima langsung tanpa perantara batrai dan dengan kondisi listrik yang naik turun akan cepat mengalami gangguan. Apalagi kalo mati lampu mendadak sob, , laptop akan langsung mati, beserta sistem-sistem yang sedang dijalankan. hal ini akan merusak sistem, bahkan bisa berakibat hilangnya atau rusaknya  file-file sob, dan Beresiko merusak Motherboard.,
 
Dari posting diatas saya harap sobat semua bisa mengambil kesimpulan yang baik, dan semoga posting kali ini bermanfaat !!
Bahaya Melepas Battery Laptop,Bahaya Melepas Baterai Laptop ,Bahaya Melepas Battery Laptop,Bahaya Melepas Baterai Laptop
 
 

2 Responses to "Bahaya Melepas Battery Laptop"

  1. Jadi bingung mana yang benar, katanya kalo kita lepas baterei laptop dan colok langsung laptopnya ke listrik bikin awet batereinya tapi laptop jadi cepet rusak, kalo kita menggunakan laptop sambil cas baterei bikin rusak batereinya yang ngomong juga orang IT lainnya mana yang benar gan?

    ReplyDelete