Hikmah Turunnya Al-Qur'an Secara Bertahap

Assalamualaikum sobat semua, sobat sedang membaca artikel Hikmah Turunnya Al-Qur'an Secara Bertahap. Berikut adalah penjelasan dari Hikmah Turunnya Al-Qur'an Secara Bertahap

HIKAMH TURUNNYA AL-QUR'AN sECARA BERTAHAP TURUNYA AL-QUR’AN SECARA BERTAHAP

Salah satu hikmah diturunkannya al Qur’an secara bertahap adalah untuk mengokohkan hati Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Karena wahyu yang diturunkan pada setiap kejadian itu akan lebih memperteguh kepercayaan di dalam hati dan memperkuat inayah (pertolongan) Alloh Subhaanahu wa Ta’ala kepada Nabi yang menerimanya.
Disamping itu dengan diturunkannya al Qur’an secara bertahap maka akan memudahkan kaum muslimin untuk lebih mudah dalam menghafalnya dan memahaminya serta mengamalkannya. Sehubungan dengan ini Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, yang artinya: “Pelajarilah al Qur’an lima ayat-lima ayat” (HR: al Baihaqi dalam Kitab Syu’abul Iman).

HIKMAH 1
Penetapan hukum perlu dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi cultureshok (keterkejutabn budaya) pada umat, ex: peringatan mengenai minuman keras.

HIKMAH 2
Ada peristiwa tertentu yang kemudian turun ayat  tertentu yang merespond kejadian tersebut, kemudian membekas dan dapat di terapkan pada kejadian yang sama di waktu yang berbeda.

HIKMAH 3
Penetapan hukum suatu peristiwa dapat disesuaikan dengan logika dan pola pemikiran umat pada waktu itu.

0 Response to "Hikmah Turunnya Al-Qur'an Secara Bertahap"

Post a Comment