Thursday, April 19, 2012

Tujuan Dakwah

Tujuan Dakwah
Dakwah sebagai suatu aktivitas dan usaha pasti mempunyai tujuan yang hendak di capai, sebab tanpa tujuan ini maka segala bentuk pengorbanan dalam rangka kegiatan dakwah itu menjadi sia-sia belaka. Oleh karena itu tujuan dakwah harus jelas dan konkrit. agar kegiatan dakwah tersebut dapat diukur keberhasilannya. Kalau dilihat dari segi Objek dakwah maka tujuan dakwah dapat dibagi menjadi empat, yaitu :
  1. Tujuan perorangan, yaitu terbentuknya pribadi yang mempunyai iman yang kuat, berpelilaku sesuai dengan hukum-hukum yang disyariatkan ALLAH dan berakhlak terpuji. Diaharapkan agar pribadi-pribadi umat manusia itu menjadi muslim secara tuntas.
  2. Tujuan untuk keluarga. yaitu terbentuknya keluarga bahagia, penuh ketentraman dan cinta kasih sesama anggota keluarga.
  3. Tujuan untuk masyarakat, yaitu terbentuknya masyarakat sejahtera yang penuh dengan suasana keislaman. suatu masyarakat dimana anggota-anggotanya mematuhi peraturan-peraturan yang telah disyariatkan oleh ALLAH SWT, baik yang berhubungan manusia dengan tuhannya, manusia dengan sesama, saling bantu-membantu, penuh rasa persaudaraan, persamaan, senasib dan sepenanggungan.
  4. Tujuan untuk umat manusia si seluruh dunia, yaitu terbentuknya masyarakat dunia yang penuh dengan kedamaian dan ketenangan tegaknya keadilan, persamaan hak dan kewajiban, saling tolong menolong dan saling hormat menghormati.
Disamping tujuan-tujuan tersebut, terdapat juga pembagian tujuan dakwah yang ditinjau dari sudut materi dakwah, yaitu :
  1. Tujuan akidah, yaitu tertanamnya suatu aqidah yang mantap disetiap hati seseorang, sehingga keyakinan tentang ajaran-ajaran Islam itu tidak lagi dicampuri dengan rasa keraguan. Realisasi dari tujuan ini adalah bagi orang-orang yang belum beriman menjadi beriman, bagi orang yang beriman secara main-main menjadi beriman secara sadar dan dengan dalil yang naqli. 
  2. Tujuan hukum, yaitu kepatuhan setiap orang terhadap hukum-hukum yang telah disyariatkan oleh ALLAH SWT. Realisasinya orang yang belum melakukan ibadah menjadi mau melakukan ibadah, tentang orang yang belum mematuhi aturan dan hukum islam, menjadi mau mematuhi aturan islam dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan.
  3. Tujuan aqhlak, yaitu terbentuknya pribadi muslim yang berbudi luhur, dihiasi dengan sifat-sifat yang terpuji dan bersih dari sifat-sifat yang tercela. Realisasi dari tujuan ini dapat dilihat dari hubungan dia dengan tuhannya, hubungan dia dengan dirinya, hubungan dia dengan sesama muslim, hubungan dia dengan alam sekelilingnya.
Tujuan Dakwah , Tujuan Dakwah , Tujuan Dakwah

Ditulis Oleh : Fidian Armstrong ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Tujuan Dakwah. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

Fidian Armstrong, Remaja Sampit Updated at: 2:53 AM

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Fidian | Sitemap | About Us | Disclaimer | Privacy Policy