Pentingnya Memahami Sejarah Sastra Indonesia

Pentingnya Memahami Sejarah Sastra Indonesia
Sastra yang mulai di abaikan masyarakat Indonesia sungguh sangat menyedihkan. Sejarah sastra tidak lagi banyak dipelajari. Padahal mempelajari sejarah sastra sangat penting bagi masyarakat Indonesia.  Menurut saya pribadi sikap masyarakat Indonesia yang abai atau tidak peduli terhadap sejarah sastra Indonesia dikarenakan beberapa hal, yiatu :
  1. Tidak mengetahui pentingnya mempelajari karya sastra
  2. Banyaknya karya-karya sastra baru yang bernuansa remaja yang menghapus jejak karya-karya sastra lama karangan para pengarang terdahulu.
  3. Perkembangan zaman yang semakin modern yang membuat masyarakat indonesia gengsi atau malas mempelajari sejarah sastra yang dianggap jadul dan tidak penting.
  4. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap pengumpulan dan perawatan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan sejarah sastra Indonesia.
Masyarakat Indonesia menjadi ahistoris 
Dari beberapa alasan diatas, masyarakat Indonesia semakin lama akan semakin menjadi masyarakat Indonesia yan ahistoris. Masyarakat Ahistoris adalah masyarakat yang tidak mengenal dan tidak mau mengenal sejarah, khususnya sejarah sastra. Padahal sejarah merupakan kebenaran, mempelajari sejarah sastra berarti mempelajari kebenaran tentang sastra Indonesia.

Pentingnya Memahami Sejarah Sastra
Sastra Indonesia merupakan satu dari sekian banyak ciri jati diri bangsa Indonesia, mempelajari sejarah sastra penting bagi masyarakat Indonesia, minimal memahami sejarah sastra Indonesia. Karena selain melestarikan jati diri bangsa Indonesia, memahami sejarah sastra membuat masyarakat Indonesia mengetahui perkembangan sastra dari zaman ke zaman, dimulai dari awal mula sastra dan perjalanan sastra hingga sekarang, dengan mempelajari sejarah sastra kita juga bisa membedakan apa saja perbedaan, dan persamaan antara karya sastra dari generasi ke generasi. Mempelajari sejarah sastra juga berarti menghargai karya-karya sastra dari pengarang-pengarang sastra lama yang sudah wafat. Kita juga bisa menjadikan karya sastra sebagai motivasi untu perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia.


Anda sedang membaca artikel tentang Pentingnya Memahami Sejarah Sastra Indonesia

0 Response to "Pentingnya Memahami Sejarah Sastra Indonesia"

Post a Comment