Sains Dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat

Sains dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat Manusia,.Berbicara soal sains dan teknologi, seperti tidak ada habisnya. Sains dan teknologi sudah menjadi bagian dari kebutuhan manusia dalam menjalankan hidup. Sejak pertama kali sains dan teknologi ada, sudah banyak manfaat yang dirasakan oleh umat manusia baik manfaat dalam kapasitas sedikit atau manfaat dalam kapasitas besar. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari perkembangan sains dan teknologi juga menjadi faktor dalam kesejahteraan umat manusia. Sain dan teknologi merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Jika sains berkembang maka teknologi juga berkembang, begitu pula sebaliknya.

Sains dan teknologi juga mengambil kedudukan yang penting dalam kesejahteraan umat manusia. Dengan kata lain jika perkembangan sains dan teknologi terus berkembang, kesejahteraan umat manusia juga harus meningkat. Jika sains dan teknologi berkembang tetapi kesejahteraan umat manusia tidak berkembang, bahkan menurun. berarti pemanfaatan sains dan teknologi tidak berfungsi dengan benar atau tidak dijalankan sesuai dengan tempatnya. Sebelum kita mengetahui pengaruh sains dan teknologi bagi kesejahteraan umat manusia. Alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya sains dan teknologi itu, dan mengapa sains dan teknologi berperan penting dalam proses kesejahteraan umat manusia.

A. SAINS
Sains adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang alam, dan direaksikan dengan pemikiran manusia, sehingga muncul suatu karya sebagai hasil pemikiran dan kegiatan yang dilakukan manusia. Sains biasanya berkaitan dengan kegiatan alam, sejak pertama kalinya sains dikembangkan. Umat manusia sudah merasakan banyak manfaatnya, terutama dibidang kesehatan. Penyakit-penyakit yang tadinya tidak dapat disembuhkan, sekarang dengan bantuan perkembangan sains penyakit tersebut sudah bisa disembuhkan dengan obat hasil dari eksperimen sains. Sains semakin zaman semakin dibutuhkan oleh manusia demi membantu manusia. Sains juga berperan dalam kesejahteraan umat manusia. Berikut adalah pengaruh sains bagi kesejahteraan umat manusia.

1. Manfaat sains di bidang kesehatan
Sains sangat berkaitan erat dalam bidang kesehatan. Ilmu sains banyak menciptakan penemuan-penemuan yang membantu manusia dalam bidang kesehatan.

a. Obat-obatan
 Zaman dulu sebelum ada ilmu sains kesehatan, manusia dengan mudah meninggal dunia hanya karena sakit yang tidak berbahaya, seperti batuk, panas, pilek, dll. Tetapi setelah sains kesehatan berkembang, manusia bisa menciptakan obat yang bisa menyembuhkan sakit yang biasa bahkan sakit yang berbahaya. Dengan kata lain sains sudah membuat kehidupan manusia bisa terselamatkan dari ancaman kematian dan membantu manusia dalam menjaga kesehatan badan, sehingga terbentuk individu yang sehat. Individu yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat

b. Antibiotik
Pertama kali dirtemukan oleh Alexander Fleming, pada tahun 1928. Sebelum ditemukannya antibiotik, jutaan manusia diseluruh dunia terserang wabah penyakit yang seharusnya bisa disembuhkan pada zaman sekarang, tetapi pada masa itu belum ditemukannya antibiotik, setiap tahunnya banyak korban jiwa akibat terkena wabah penyakit ini. Tetapi berkat penemuan antibiotik yaitu’’Penisilin’’,masyarakat yang terkena wabah penyakit bisa disembuhkan dan angka kematian berkurang secara drastis. Sampai sekarang dengan berkembangnya ilmu sains, antibiotik sudah dikembangkan. Antibiotik banyak bermunculan untuk menanggulangi berbagai penyakit tertentu. Dan ini semua tentu sangat berpengaruh bagi kesejahteraan umat manusia.

c. Vaksin
vaksin berasal dari virus suatu penyakit yang di ambil sempelnya lalu di neetralkan dan berfungsi menjadi virus yang baik untuk melawan virus penyakit itu sendiri. Vaksin meripakan hasil dari perkembangan sains, dan semakin berkembangnya sains, vaksin tidak hanya diciptakan untuk satu penyakit saja. Beberapa penyakit sudah diciptakan vaksinnya.

NB: berhubung artikel  Sains Dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat terlalu panjang, jadi saya sediakan dalam bentuk dokumen microsoft wordnya buat sobat , bagi sobat yang mau lanjut baca langsung donlott aja, gratis !!!!



Terima kasih sobatu sudah membaca artikel ''Sains Dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat'' semoga tugas-tugas sobat cepat terselesaikan, dan semoga sukses selalu !!! Sains Dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat

12 Responses to "Sains Dan Teknologi Bagi Kesejahteraan Umat"

  1. Makasih sob ,, pas banget nihh,, sukses deh remaja sampit !!!

    ReplyDelete
  2. Banyak orang yang meremehkan pengetahuan sains ,
    padahal jika lebih di teliti lagi pengetahuan sains itu justru sebagian dari dalam kehidupan kita..

    ReplyDelete
  3. jika kita lebih meneliti kembali ternyata sains dan teknologi sama2 memiliki peranan penting dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  4. Teknologi dan sains bukan lah suatu hal yang dengan mudah begitu saja kita abaikan.
    hal ini merupakan hal yang perlu kita perhatikan..

    ReplyDelete
  5. artikel yang cukup bagus , tetapi lebih bagus jika ulasannya diperjelas lagi.

    ReplyDelete
  6. Banyak hal yang tak kita ketahui bahwa sains merupakan memiliki kaitan erat dalam kehidupan kita..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas penjelasannya , semoga bermanfaat untuk pembaca..

    ReplyDelete
  8. seharusnya memang perlu kita ketahui ,
    Ilmu sains banyak menciptakan penemuan-penemuan yang membantu manusia dalam bidang kesehatan.

    ReplyDelete
  9. Ulasan yang cukup menarik..
    perkembangan sains sangat juga berpengaruh dengan perkembangan teknologi..

    ReplyDelete
  10. Artikelnya cukup menarik untuk dibaca ,
    karena kalau membicarakan teknolgi itu tidak akan ada habis nya dengan perkembangan teknologi yang terus menerus kian makin meningkat.

    ReplyDelete