Sampit

Mengenal Kota Sampit
By : Remaja Sampit

Assalamualaikum Wr, Wbadacall

Hallo sobat semuanya,,,Mendengar kata ''Sampit'' pasti sebagian orang sudah ada yang mengetahuinya. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri sebagian orang belum mengenal kota Sampit. Sampit adalah sebuah kota swadaya, mandiri dan harmoni yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Ibu Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan tengah, Kabupaten Kotawaringin Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sampit. Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang bisa dikatakan luas, yaitu 16.496 km² dan penduduknya juga bisa dikatakan banyak, yaitu berpenduduk kurang lebih sebanyak 322.081 jiwa pada tahun 2007. Bupati Kotawaringin Timur adalah H.M.Wahyudi K. Anwar .Warga asli Sampit adalah suku dayak, ada suku dayak sampit, dayak ngaju, dayak katingan, dan masih banyak lagi sob ..namun seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi serta arus modernisasi. Kota Sampit kini menjadi sebuah Kota yang ramai, di sana tidak hanya kita jumpai warga asli. namun para pendatang-pendatang sudah ramai berbondong-bondong berdatangan ke Kota Sampit, untuk apa ? jawabanya tidak lain dan tidak bukan adalah ''Untuk berwirausaha di Kota Sampit''. Kalo sobat mau lebih jelas lagi tentang kota sampit,, yuk kita bahas bersama-sama sob ...

Pemerintahan 
Kabupaten Kotawaringin Timur mempunyai 15 kecamatan, yaitu:
  1. Teluk Sampit
  2. Mentaya Hilir Selatan
  3. Mentaya Hilir Utara
  4. Pulau Hanaut
  5. Mentawa Baru Ketapang
  6. Baamang
  7. Seranau
  8. Kota Besi
  9. Cempaga
  10. Cempaga Hulu
  11. Parenggean
  12. Mentaya Hulu
  13. Antang Kalang
  14. Telawang
  15. Bukit Santuai

Topografi 

Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki topografi yang bervariasi sob, pada ketinggian antara 0 – 60 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar merupakan dataran rendah yang meliputi bagian selatan sampai bagian tengah memanjang dari timur ke barat, sedangkan bagian utara merupakan dataran tinggi yang berbukit. Jenis tanah yang mendominasi wilayah ini adalah tanah jenis podsolik merah kuning, walaupun ada beberapa bagian juga ditemui jenis tanah lainnya seperti aluvial, organosol, litosol dan lain-lain.

Iklim 

Iklim merupakan salah satu pendukung dalam keberhasilan produksi, unsur-unsur iklim tersebut antara lain curah hujan, suhu dan kelembaban. Suhu rata-rata bulanan di Kabupaten Kotawaringin Timur diperkirakan berkisar antara 27°C – 35°C. Curah hujan perbulan di Sampit (2007) berkisar antara 12 mm (bulan September) hingga 790 mm (April). Bulan-bulan kering di Sampit berkisar antara Juni hingga Oktober.

Sumber Daya Alam

Hutan mendominasi wilayah 80 %. Hutan primer tersisa sekitar 25 % dari luas wilayah. Lahan yang luas saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawit mencapai 700.000 Ha (2007). Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kab Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur. Banyak ragam potensi sumber alam, antara lain yang sudah diusahakan batubara, emas, zirkon, besi. Terdapat pula tembaga, kaolin, batu permata dan lain-lain.

 Suku Asli :

Bahasa Dominan :
  1. Bahasa Melayu
  2. Bahasa Banjar
  3. Bahasa Ngaju
  4. Bahasa Manyan
  5. Bahasa Ot Danum
  6. Bahasa Katingan
  7. Bahasa Bakumpai
  8. Bahasa Tamuan
  9. Bahasa Sampit
Sekolah dan Universitas


Nah ,, itu tadi penjelasan terperinci mengenai Kota Sampit sob ,,,, sekarang kita bahas lagi mengenai.. keistimewaan Kota Sampit.temen-temen penasarankan bagaimana sih sebenernya kota Sampit ??? yukk kita bahas keistimewaan Kota Sampit
gelakguling

1. Memiliki Lapangan Kerja yg Luas
klo temen-temen bingung setelah S1,S2 yang kuliah jauh-jauh apa lg ke kota besar dan setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan. coba temen2 merantau kesampit,,, terbukti,, sebagian besar warga perantaun dari berbagai provinsi, bisa membenahi perekonomiannya jauh sebelum dia merantau kesampit. bahkan orang2 yag dikategorikan tidak berpendidikan bisa memiliki kehidupan yang makmur di kota sampit. sangat jauh berbeda dengan kehidupan dikota2 besar ya ,,, biar S1 tapi lapangan kerjanya minimal,,, ya sama saja ya ??


2. Lahan dan Tempat Tinggal yang Luas
kota sampit dijadikan sebagai kota sasaran bagi para imigran2 karena tempatnya yg strategis yang mempunyai luas lahan yang luas yg memungkinkan menampung para imigran2 dan memungkinkan berkembangnya pusat industri dan perbelanjaan ...... semakin banyak imigran yang masuk dan menetap di sampit, maka semakin banyak konsumsi yang diperlukan, dan akan semakin pesat pula perindustrian dan perbelanjaan untuk memenuhi perkembangan kebutuhan tersebut, dan setelah banyaknya perindustrian, maka akan banyak pula lapangan kerja yang disediakan. jika banyak lapangan kerja yang disediakan, maka atidak akan ada pengangguran. jika tidak ada pengangguran ,, maka akan terwujudlah kemakmura, jika,, jika, ,, ,,dari tadi banyak jikanya ya ,, hheheh,, ya gk papa lah sekedar selingan ... okeh ,, lanjut ,, :-*


3. Pendidikan yang mulai berkembang
hemmmm,,, pendidikan ???? jangan ditanya deh ,, pendidikan dikota sampit ,, berhak mendapatkan jempolllllll ...... terbukti dari tahu ketahun sekolah-sekolah disampit telah banyak menciptakan dan memproduksi manusia2 berkualitas :-) ';bhasanya koq kygini ya.. hehe,, .. yah intinya pendidikan disampit siap bersaing dan bisa diuji berat,beber,dan bobotnya .... pokoknya sippp abisss

4. Kota yang Bersih
kota anda kotor ?, banyak sampah ?, buat anda tidak betah ???,,, pasti tidak ya ,, saya yakin semua kota di Indonesia kita tercinta ini pasti bersih2 semua ya .... begitu juga kota kita tercinta ''Sampit'' udah bersih, sejuk, bnyak pohon2 yang rindang, idak ada polisi,, eh kok polisi,, polusi maksud saya .... apa lg MACETTT ,, gk ada kata macet dikota sampittt...

5. Perindustrian yang semakin berkembang
Sampit sudah memulai perindustrian sawit sejak lama, dan hebohhhhhnya lagi,, banyak para ivestor2 yang mengelola dan menanam sahamnya di sampit. tidak hanya kelapa sawit. karet juga merupakan bahan produksi di sampit yang berlimpah ruah, dan pabrik pengolahan karet semakin tahun semakin berkembang. tidak hanya sawit dan karet,,, budidaya sarang walet juga menjadi usaha sebagian warga kota sampit dan sekitarnya yang menjanjikan banyak keuntungan, tapi sayang,, karena semakin tahun semakin banyaknya produksi sarang walet, harganya pun juga menurun.. tapi jangan berkecil hati dulu , walaupun turun.. harga sarang walet masih menjanjikan, yaitu 15-20 juta perkilonya ..

saya rasa ,, posting kali ini udah dulu ya.. bagi yang mau komen silahkan isi dikotak yg telah disediakan,, insyaAllah ,, posting ini akan saya update lain waktu ,,,,angelsalam Remaja Sampit

5 Responses to "Sampit"

  1. salam Tabe helu Luluwiiy..
    salam kenal Kula ulah dayak Sampit asli,,
    dika uluh asli dayak sampit kia kah njang ?
    salam kenal bey

    ReplyDelete
  2. Mampir sob ane dari SUMENEP MADURA
    smoga sampit tetap lah jaya..........!!!!!!
    aman n tentram

    ReplyDelete
  3. HORAS SAYA SUKA BLOG ANDA TOLONG MAMPIR KEMBALI KE BLOG SAYA DI http://rhagil.wordpress.com/ & http://rhagilchannel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Informasi menarik, aku kira sampit itu sepi seperti desa. bakal jadi kota dong ...


    aku jualan piyek lovebird lho...
    web aku : http://caraternakburungberkicau.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya donk sebenarnya pak Whyudi K.Anwar itu as;i orang mana sih???

    ReplyDelete