Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR

Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR
Kamera DSLR dengan Lensa Hood

Terkadang kita melihat fotografer mengunakan tutup depan lensa. Diberikan oleh produsen sesuai ukuran setiap lensa. Bukan tutup bagian lensanya, tapi seperti topi berbentuk selinder yang dipasang depan lensa. Untuk apa fungsi lensa Hood tersebut, apakah untuk melindungi kaca depan saja atau ada manfaat penting.

Kerudung lensa berfungsi untuk mengurangi flare / cahaya yang masuk dari samping ketika membuat foto. Misalnya cahaya dari sisi samping dapat terpantul ke bagian tengah lensa. Atau intensitas cahaya dari sudut depan akan terlihat seperti bercak cahaya di bagian atas footo. Tentu cahaya yang tertangkap dapat menganggu hasil gambar. Seperti sebuah foto akan terlihat bercak cahaya, khususnya foto malam hari dimana mengandalkan penerangan di sekitar objek. Cahaya lebih kuat bisa membias di lensa masuk dari samping, lalu tertangkap sensor. Atau bias cahaya matahari dapat ikut menjadi bagian foto yang dibuat.

Kerudung lensa atau lens Hood inilah yang memblok cahaya dari sisi luar agar cahaya tidak masuk ke lensa darai bagian depan. Disain lens hood dapat menutup penuh atau dibuat praktis dengan bentuk lebih kecil. Fungsinya memblok cahaya liar yang dapat masuk ke lensa. Sehingga lensa hanya mengambil cahaya pada objek di bagian depan.

Model Lens Hood Lens Hood silinder,
secara total akan mengamankan bagian lensa tidak mendapatkan pantulan dari cahaya liar. Lens Hood berbentuk kompak. Disebut dengan model pendek biasanya diberikan produsen untuk lensa dengan ukuran dibawah 50mm Lensa apa yang perlu mengunakan kerudung lensa.. Lensa model zoom misalnya lensa telem zoom atau lensa normal maka cahaya liar dapat dihindari dengan memasang pelindung kerudung lensa. Tapi lensa wideangle tidak disarankan mengunakan lens hood. Karena sudut yang diambil lebih lebar,  mungkin bagian tutup lensa di bagian depan akan menganggu bidang gambar Kondisi ketika objek pemotretan yang mendekati cahaya matahari atau lampu sorot dari sisi sambil dapat dihilangkan dengan topi lensa 

Manfaat pemakaian lensa Hood seperti gambar dibawah ini:
Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR

Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR

Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR

0 Response to "Fungsi Lensa Hood/Pelindung Lensa Pada Kamera DSLR"

Post a Comment