Usaha Yang Perlu Dilakukan Untuk Mendukung Keberhasilan Membaca

Kompetensi Dasar: Mengungkapkan Pokok-Pokok Isi Teks dengan Membaca Cepat 300 Kata per Menit
Kegiatan membaca memerlukan kesiapan fisik dan mental. Kesiapan fisik berupa kondisi kesehatan tubuh termasuk kesehatan mata, sedangkan kesiapan mental (psikis) berupa perasaan senang, tenang, dan pemusatan perhatian (konsentrasi). Keberhasilan aktivitas tersbut juga harus didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman (kondusif). Membaca dianggap gagal apabila seluruh wacana telah terselesaikan, tetapi tidak sedikitpun informasi dapat disimpulkan. Membaca dianggap vberhasil apabila pembaca mampu mengumpulkan semua informasi penting dalam bacaan. Usaha yang perlu dilakukan untuk mendukung keberhasilan membaca adalah sebagai berikut.

a.Menumbuhkan rasa senang (hobi) terhadap kegiatan membaca, dengan cara menyediakan bermacam-macam bacaan mulai dari yang mudah, ringan, dan bersifat hiburan sampai bacaan yang sulit, berat, dan berisi ilmu pengetahuan tinggi.

b.Membiasakan diri untuk selalu tenang dalam menghadapi  segala permasalahan termasuk ketika sedang membaca. Kalau suasana hati sedang gelisah, usahakan untuk tenang lebih dulu atau membaca bacaan yang bersifat menghibur.

c.Menjaga konsentrasi (pemusatan perhatian) selama membaca dengan menjauhkan benda atau alat yang mampu mengalihkan perhatian, misalnya, mainan, perlatan olahraga, televisi, dan tempat tidur.

d.Menjaga ruangan agar tetap segar (sejuk atau tidak pengap), hening (tidak bising atau tidak banyak suara) dan cukup cahaya (terang). Usahakan pula untuk membaca di tempat sepi bukan jalur sibuk atau hilir mudik orang lewat.

Kondisi ideal yang memenuhi semua persyaratan di atas sangat sulit didapatkan. Meskipun demikian, kita harus tetap berusaha membaca dalam segala suasana dan kesempatan. Keberhasilan tidak harus berangkat dari kesempurnaan, tetapi juga dari keterbatasan dan kekurangan.

Keberhasilan dalam pemahaman bacaan harus diikuti dengan peningkatan frekuensi (keseringan) membca. Oleh karen itu, jadikanlah mambaca sebagai suatu kebiasaan, bahkan kebutuhan sehingga akan merasa kurang apabila dalam suatu hari belum membaca apa pun.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaca cepat, adalah sebagai berikut.
a.Jangan mengulang kata atau kalimat yang telah dibaca
b.Jangan membaca kata demi kata.
c.Jangan selalu berhenti lama di awal baris.
d.Kritis terhadap kata kunci.
e.Jangan membaca dengan cara bergumam atau dilafalkan.

4 Responses to "Usaha Yang Perlu Dilakukan Untuk Mendukung Keberhasilan Membaca"