Kitab-Kitab Allah Dalam Lintasan Sejarah

KITAB-KITAB ALLAH DALAM LINTASAN SEJARAH
Berikut adalah pembahasan terkait dengan  Kitab-Kitab Allah Dalam Lintasan Sejarah, serta Fungsi dan Hikmah Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah.

1.Kitab Taurat
Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s yang berbahasa Ibrani yang artinya Syariah, dalam bahasa Indonesia artinya peraturan. Isi Kitab Taurat adalah keyakinan untuk menyembah kepada Allah SWT. serta larangan menyembah berhala. Beberapa hukum agama menerangkan tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW, sebagai rasul terakhir. Beberapa hukum agama dalam Kitab Taurat tersebut tidak berlaku lagi setelah diturunkannya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab Taurat berisi petunjuk kebenaran yang dapat dijadikan pedoman untuk memutuskan perkara yang dihadapi oleh orang-orang Yahudi pada saat itu.

2.Kitab Zabur
Zabur artinya tulisan. Kitab Zabur diberikan kepada Nabi Daud a.s. Kitab yang diberikan kepada Nabi Daud a.s berbahasa Qibti. Turunnya Kitab Zabur diterangkan dalam firman Allah SWT. Surah An-Nisa ayat 163. Kitab Zabur berisi tentang beberapa zikir, pengajaran, dan hikmah. Isi Kitab Zabur merupakan petunjuk atau wahyu dari Allah dan berlaku pada umat Bani Israil.

3.Kitab Injil
Kitab suci Injil diberikan kepada Nabi Isa a.s putra Maryam. Kitab injil berbahasa Yunani yang dalam bahasa Arabnya berarti Albisyarah atau kabar gembira. Kitab Injil diturunkan sebagai pedoman untuk menyatakan keyakinan terhadap Allah SWT. Kitab Injil berisi tentang keterangan dan ajaran-ajaran yang membenarkan atau memperkuat ajaran yang terdapat dalam kitab-kitab sebelumnya, yakni Taurat dan Zabur.

4.Kitab Al-Qur'an
Pedoman umat Islam adalah Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan petunjuk untuk orang yang bertakwa atau hudal lil muttaqin. Al-Qur'an adalah Kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur'an adalah Kitab suci yang berbahasa Arab. Menurut bahasa, Al-Qur'an artinya bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, Al-Qur'an adalah kalam atau firman Allah SWT. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, Dalam bentuk wahyu. Peristiwa turunnya Al-Qur'an yang pertama kali ini disebut Nuzulul Quran artinya turunnya Al-Qur'an yang pertama.

Fungsi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah
  1. Mempertebal keimanan kepada Allah SWT.
  2. Memperkuat keyakinan seseorang terhadap tugas Nabi Muhammad saw.
  3. Menambah ilmu pengetahuan.
  4. Menanamkan sikap toleransi terhadap pengikut agama lain.
  5. Meningkatkan kualitas kehidupan pribadi.
  6. Membangun kehidupan bermasyarakat.
  7. Menjalin kerukunan dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Hikmah Iman Kepada Kitab-kitab Allah
  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT yang telah mengutus para rasul untuk menyampaikan risalahnya.
  2. Hidup manusia menjadi tertata karena adanya hukum yang bersumber pada kitab suci.
  3. Termotovasi untuk beribadah dan menjalankan kewajiban-kewajiban agama, seperti yang tertuang dalam kitab suci.
  4. Menumbuhkan sikap optimis karena telah dikaruniai pedoman hidup dari Allah untuk meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.
  5. Terjaga ketakwaannya dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.
Tag : Kitab-Kitab Allah Dalam Lintasan Sejarah

0 Response to "Kitab-Kitab Allah Dalam Lintasan Sejarah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.