Keledai Membaca

Assalamualaikum sobat semua..
Keledai Membaca. Sebuah Kisah Motivasi berjudul Keledai Membaca.
Pernahkah sobat membaca sebuah buku yang membuat sobat Bad Mood ? Sobat hanya membolak-balik halam demi halaman, tanpa membaca isi dari setiap halaman tersebut. Sobat terus mencari-cari artikel yang bisa menumbuhkan semangat membaca sobat. Tapi sampai halaman terakhir, sobat belum menemukan bacaan yang sesuai keinginan sobat, akhirnya buku tersebut sobat tutup dan sobat taruh di meja begitu saja. Saya rasa sobat perlu membaca cerita ''Keledai Membaca'' beikut ini :
Keledai Membaca

Pada suatu ketika Timur Lenk memberikan Nasrudin seekor keledai. Nasrudin menerimanya dengan senang hati. Tetapi Timur Lenk berkata, "Ajari keledai itu membaca. Dalam dua minggu, datanglah kembali ke mari, dan kita lihat hasilnya."
http://remajasampit.blogspot.com/
Nasrudin hanya dapat mengiyakan dan membawa keledai barunya pulang, setelah dua minggu kemudian ia kembali ke istana. Tanpa banyak bicara, Timur Lenk mengajak Nasrudin dan Untanya menuju ke sebuah buku besar. Nasrudin menggiring keledainya ke buku itu, dan membuka sampulnya. Si keledai menatap buku itu, dan tak lama mulai membalik halamannya dengan lidahnya. Terus menerus, dibaliknya setiap halaman sampai ke halaman akhir. Setelah itu si keledai menatap Nasrudin.
http://remajasampit.blogspot.com/
"Demikianlah," kata Nasrudin, "Keledaiku sudah bisa membaca." Timur Lenk sangat heran dengan keledai Nasrudin yang bisa membaca dan ia mulai menginterogasi Nasrudin, "Bagaimana caramu mengajari dia membaca ?"
http://remajasampit.blogspot.com/
Nasrudin berkata, "Sesampainya di rumah, aku siapkan lembaran-lembaran besar yang mirip buku, dan aku sisipkan biji-biji gandum di dalamnya. Keledai itu harus belajar membalik-balik halam untuk bisa makan biji-biji gandum itu, sampai ia terlatih betul untuk membalik-balik halaman buku dengan benar."..."Tapi," tukas Timur Lenk tidak puas, "Bukankah ia tidak mengerti apa yang dibacanya ?"
http://remajasampit.blogspot.com/
Nasrudin menjawab, "Memang demikianlah cara keledai membaca: hanya membalik-balik halaman tanpa mengerti isinya. Begitu pula manusia, jika kita membaca hanya membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, kita disebut setolol keledai, bukan ?"

Nah dari kisah di atas dapatkah sobat ambil hikmahnya untuk mengintropeksi diri kita sendiri. Buku merupakan gudang ilmu dan jendela dunia, seberapa betenya sobat membaca buku, pasti akan membuahkan hasil dan menambah ilmu sobat. Masih maukah sobat disamakan dengan seekor Keledai ?? So... kenapa tidak untuk membaca buku ?
Tag : Keledai Membaca

3 Responses to "Keledai Membaca"

  1. makasih atas infonya gan,.,. happy WORDPRESS

    ReplyDelete
  2. info yang sangat bagus sekali gan.,. salam kenal dari saya refi aliyefi nurdin

    ReplyDelete
  3. penasaran sama judul Keledai Membaca. Makasih nice info

    ReplyDelete