Saturday, April 14, 2012

Pengertian Dakwah

Pengertian Dakwah
Pengertian Dakwah Secara Etimologis

Kata dakwah adalah devinisi dari bahasa Arab''Da'wah'' yang berarti memanggil, mengundang, atau mengajak, Di dalam AL-Qur;an Kata Dakwah ditemukan tidak kurang dari 198 kali dengan makna yang berbeda-beda, esetidaknya ada 10 macam makna, yaitu :
  1. Mengajak dan menyeru
  2. Berdo'a
  3. Mendakwa
  4. Mengadu
  5. Memanggil
  6. Meminta
  7. Mengundang
  8. Malaikat Israfil
  9. Gelar
  10. Anak angkat
Dari makna yang berbeda tersebut sebenarnya tidak terleoas dari unsur aktifitas memanggil. Mengajak adalh memanggil seseorang untuk mengikutikita, berdoa adalah memanggil tuhan agar mendengarkan dan mengabulkan permohonan kita. mendakwa adalh memanggil orang dengan anggapan tidak baik. mengadu adalah memanggil untuk menyampaikan keluh kesah. meminta hampir sama dengan berdoa,hanya saja lebih umum. mengundang adalah memanggil seseorang untuk mengahadiri acara, Malaikat Israfil adalah ayang mengundang manusia untuk berkumpul d padang masyharGelar adalah panggilan atau sebutan bagi seseorangAnak angkat adalah orang yang dipanggil sebagai anak kiata walaupun bukan anak kita, Kata memanggil pun dalam kamus besar bahasa Indonesia meliputi beberapa makana yang diberika AL'Qur'an yaitu mengajak, meminta, menyeru, mengundang, menyebut, dan memakan. Maka bila kiata umumkan , makana Dakwah Adalah MEMANGGIL.

Pengertian Dakwah Secara Terminologis
Devinisi dakwah dari literatur yang ditulis oleh pakar-pakar dakwah adalah:
  1. Dakwah adalah perintah mengadakan seruan kepada sesama manusiauntuk kembali dan hidup sepanjang ajaran ALLAH yang benar dengan penuh kebijaksanaan dan nasihat yang baik (Aboebakar Atjeh. 1971:6)
  2. Dakwah adalah menyeru manusia kepada kebajikan dan petunjuk, serta menyuruh kepada kebaikan dan melarang pada kemunkaran agar mendapat kebahagian dunia dan akhirat. (Syekh Muhammad Al-Khadir Husaini)
  3. Dakwah adalah menyampaikan dan mengajarkan agama islam kepada seluruh umat manusia dan mempraktekkannya dalam kehidupan nyata, (M. Abdul Fath Al-Bayanuni)
  4. Dakwah adalah suatu aktifitas yang mendorong manusia agar memeluk agama islam melaui cara yang bijaksana. dengan materi ajaran Islam, agar mereka mendapatkan kesejahteraan kini/di dunia dan kesejahteraan nanti/di akhirat. (A. Masykur Amin)
Dari definisi para ahli diatas maka dapat kita simpulkan bahwa dakwah adalh kegiatan atau usaha memanggil orang muslim maupun non muslim. dengan cara yang bijaksana, kepada islam sebagai jalan yang benar, melalui penyampaian ajaran islam, untuk dipraktekkan dalam kehidupan nyata agar bisa hidup damia di dunia dan bahagia di akhirat.

Setelah kita mengetahui makna dakwah secara etimologis dan terminologis maka kita akan dapatkan semua makna dakwah tersebut membawa misi persuasuv bukan represif karena sifatnya hanyalah panggilan dan seruan bukan paksaan. Hal ini bersesuaian dengan firman ALLAH (ayat Ia Ikraha Fiddin ) bahwa tidak ada paksaan dalam beragama.
Pengertian Dakwah atau Devinisi Dakwah

Ditulis Oleh : Fidian Rahman ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Pengertian Dakwah. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Fidian | Sitemap | About Us | DMCA | Privacy Policy