Tuesday, April 17, 2012

Kendala-Kendala dalam Menyimak

Kendala-Kendala dalam Menyimak

  1. Keegosentrisan, yaitu mementingkan dirisendiri, sipenyimak tidak tahu-menau terhadap apa yang disimak dan hanya menyimak hal-hal yang dianggapnya menarik.
  2. Keengganan ikut terlibat, yaitu penyimak enggan atau tidak mau ikut terlibat dalam simakan, maka penyimak akan berusaha agar dirinya tidak ikut terlibat, dan akhirnya proses menyimak tidak berjalan dengan baik.
  3. Ketakutan akan perubahan, yaitu penyimak merasa sudah pas terhadap sesuatu, baik itu kodisi lingkungan dsb, namun penyimak merasa takut akan  adanya perubahan suasana tersebut yang membuat penyimak menjadai tidak konsentrasi lagi terhadap apa yang disimaknuya.
  4. Keinginan menghindari pertanyaan, yaitu penyimak mencoba menghindar dari pertanyaan yang akan diajukan oleh pembicara, hal ini disebabkan karena kurangnya percaya diri, kurangnya kemampuan untuk menjawab pertanyaan, rasa malu,dll, yang menyebabkan penyimak tidak sepenuhnya menanggapi simakan.
  5. Puas terhadap penampilan eksternal,yaitu kepuasan dan kebanggan yang berlebihan terhadap penampilan fisik, yang belum tentu apa yang disimak juga berkualitas, yang menyebabkan penyimak merasa bahwa pembicara adalah orang yang bagus dalam berbicara, namun setelah pembicara menyampaikan pembicaraan yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan penampilan fisik, maka penyimak akan mengecohkannya.
  6. Pertimbangan yg prematur, yaitu pertimbangan yang belum sampai pada waktu untuk hasil yang sesuai, belum habis secara keseluruhan hasil simakan, penyimak sudah mempertimbangkannya terlebih dahulu.
  7. Kebingungan semantik, yaitu kebingungan terhadap sesuatu yang menimbulkan proses menyimak tidak di tanggapi dengan baik, dan setelah kebingungan itu hilang barulah penyimak akan mencari tahu apa yang baru saja ia lewatkan, misal saat seseorang kehilangan hp dan ia kebingungan maka saat temannya berbicara dengannya dia tidak akan menanggapinya dan sibuk mencari hpnya,namun setelah hapnya ditemukan barulah dia akan berbicara dengan temannya.
Kendala-Kendala dalam Menyimak

Ditulis Oleh : Fidian Rahman ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Kendala-Kendala dalam Menyimak. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

Fidian Rahman, Remaja Sampit Updated at: 2:08 AM

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Fidian | Sitemap | About Us | DMCA | Privacy Policy