A.
Menyimak
adalah proses mendengarkan dengan penuh perhatian. Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan
lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta
interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta
memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh sang pembicara melalui
ujaran atau bahasa lisan
·
Tujuan menyimak
adalah untuk mengetahui informasi yang baru.
·
Fungsi menyimak
adalah untuk persiapan menanggapi apa yang di simak.
4 KETERAMPILAN BERBAHASA :
1. Pendengaran (konferhensi lisan)
2. Berbicara (ekspresi lisan)
3. Membaca
4. Menulis
B. Definisi menyimak
Menurt rusel dan russel menyimak adalah mendengarkan denga penuh pemahaman dan
perhatian. Definisinya yaitu enyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan
mendengarkan bunyi bahasa, mengidentfikasikan, menginterprestasikan, menilai da
mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya.
Menurut HG. Traigan mrnyimak adalah suatu prosess kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan
dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interprestasi untuk
memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna dari apa
yang di simak.
C.
Hakikat
Menyimak
Hakikat
menyimak adalah untuk mendengarkan dan memahami isi bahan simakan.
D.
Tujuan
Utama Menyimak
Tujuan
utama dari mrnyimak adalah menangkap, memahami,
dan menghayati pesan, ide, gagasan yang tersirat dalam bahasa simakan.
E.
Tujuan
khusus menyimak
1.
Belajar 5. Mengkomunikasikan ide
2.
Menikamati 6. Membedakan bunyi
3.
Mengaraluasi 7. Mencari solusi
4.
Mengapresiasi 8.
Meyakinkan
F.
Tahapan
Menyimak
1.
Berkala : Tentang diri sendiri
2.
Perhatian dangkal : Ada gangguan
3.
Setengah menyimak : Mengutarakan
ide pada hal yang di anggap penting
4.
Menyimak serapan : Hanya
mempehatikan hal2 yang tidak penting
5.
Menyimak sekali-kali : Hanya
mempehatikan hal2 yang Menyenangkan
6.
Asosiatif : Pengalaman pribadi
7.
Reaksi Berkala : Membuat komentar
terhadap no.5
8.
Seksama : sunguh-sungguh
9.
Aktif : Menemukan inti
pembicaraan.
G.
Teori
T ( suasana menyimak )
·
Difensif (bertahan) memiliki 6 hal
yaitu
§ Evaluasi(penilaian),
§ mengawasi,
§ strategis,
§ netral
(tidak memihak),
§ pasti
dan tentu,
§ superior.
·
Suportif (mendukung) memiliki 6
hal yaitu
§ Deskrepsi
(menggambarkan),
§ Orientasi
Masalah,
§ Spontanitas,
§ Empati
(perasaan),
§ Ekualitas,
§ Profesionaliszm.
H.
Faktor
Menyimak
1.
Faktor
Fisik
· Fisik
tubuh (jasmani) = kondisi normal atau lelah
· Lingkungan
= panas, dingin, lembab, bising dll
2.
Faktor
Psikologis
· Psikologos
positif
§ Latar
belakang hidup yang menyenangkan.
§ Penentuan
minat dan pilihan
§ Kecerdasan
emosional
· Psikologis
negatif
§ Prasangka
buruk
§ Keegosentrisan
(mementingkan diri sindiri)
§ Kepicikan
atau pandangan tidak luas
§ Bosan
dan jenuh
§ Sikap
tidak sopan
3.
Faktor
Pengalaman
· Pertumnauhan
dan perkembangan sikap mempengaruhi minat menyimak, ex: hobby atau minat
terhadap sesuatu.
4.
Faktor
Sikap
· Menerima simakan,dgn alasan menarik &
menyenangkan
· Menolak
simakan, dengan alasan bosan dan merugikan.
5.
Faktor
Motivasi
· Kebuutuhan
akan pemicu dorongan dan dukungan untuk melakukan sesuatu , mampu mempengaruhi
orang untuk di simak, ex : MTGW.
6.
Faktor
Lingkungan
· Lingkungan
fisik : sarana
· Lingkungan
sosial : pertemanan
7.
Faktor
Jenis Kelamin.
· Perbedaan
umum laki-laki dan perempuan.
I.
Perilaku
Buruk dalam Menyimak.
1.
Menolak keanehan pembiacara
2.
Menolak memperbaiki sikap
3.
Menolak memperbaiki lingkungan
4.
Tidak sabar memberikan tanggapan
5.
Melamun
6.
Bingung
7.
Pura-pura memperhatikan
8.
Menolak memberikancatatan
9.
Tidak dapt memanfaatkan waktu
10.
Tidak mau berlatih menyimak
11.
Emosional.
J.
Meningkatkan
ketrampilan menyimak (macam suasan menyimak).
1.
Pahami maksud pembicara
2.
Hindari klise gegabah
3.
Pahami maksud Anda menyimak
4.
Kurangi makna perbedaan bahasa
5.
Kenali prasangka Anda
6.
Kenali prasangka pembicara
7.
Periksa fakta pembicara
8.
Simak sampai selesai
9.
Gunakan waktu senggang
K.
Upaya
menyimal efektif.
1.
Menyimak dg keinginan penuh
2.
Menyimak lebih lama
3.
Menyimak Lebih sering
4.
Menyimak dg respek
5.
Menyimak dg respon
6.
Menyimak tanpa evaluasi prematur
7.
Menyimak dg tenang
8.
Menyimak dg analisis
9.
Menyimak hal yg tak konsekuen
10.
Menyimak tanpa membela diri
11.
Menyimak tanpa prasangka
L.
Kendala menyimak.
1.
Keegosentrisan
- Keengganan ikut terlibat
- Ketakutan akan perubahan
- Keinginan menghindari pertanyaan
- Puas terhadap penampilan eksternal
- Pertimbangan yg prematur
- Kebingungan semantik
M.
2
macam perilaku menyimak.
1.
Menyimak faktual : materi
faktual
4 point menyimak
faktual:
· Melibatkan
diri secara total
· Menguasai
seni mencatat efektif
· Mencari-menganalisis
sarana penunjang
· Mencari
pola organisasi dan struktur keseluruhan ujaran
- Menyimak Empatik: perasaan
· Memperhatikan
isyarat nonverbal
· Menempatkan
diri pada posisi orang lain
· Memusatkan
perhatian pd pesan bkn penampilan
N.
4
perilaku menyimak yang baik.
1.
Jika Anda tertarik pd suatu pesan
tertentu atau ujaran tertentu, perlihatkan hal itu tanpa ragu-ragu
2.
Kalau seorang pembicara tdk
mengemukakan suatu pesan/ujaran tertentu yg menarik, jgn ragu menunjukkan hal
tsb
3.
Sikap & gaya yg baik dan
menarik hati, menuntut keterlibatan 100% dlm situasi pembmicaraan di muka umum
- Jk keterlibatan lbh lanjut diperlukan, jgn ragu memperlihatkan kepentingan tsb ‘’Hunt”
O.
9
upaya peningkatan perilaku menyimak.
1.
Menerima keanehan pembicara
2.
Memperbaiki sikap
3.
Memperbaiki lingkungan
4.
Jgn dl memberi pertimbangan
5.
Meningkatkan mutu ctatan
6.
Menentukan tujuan khusus
7.
Memanfaatkan waktu scr bijaksana
8.
Menyimak scr rasional
9.
Berlatih menyimak materi yg sukar.
P.
5
tahap proses menyimak
1.
Tahap mendengarkan ( heaarning )
2.
Tahap memahami ( understanding )
3.
Tahap menginterprestasi (
interpreting )
4.
Tahap mengevaluasi ( evaluating )
5.
Tahap menanggapi ( responding )
Q.
Memilih
bahan simakan
1.
Tema up to date (tema yang masih
hangat)
2.
Tema terarah dan sederhana
3.
Tema pengalaman dan pemahaman
4.
Tema sugestif + evaluasi
5.
Tema motifasi (semangat dukungan)
6.
Pembicara mampu menghibur
7.
Bahasa sederhana dan mudah
dipahami
8.
Komunikasi dua arah
0 Response to "Menyimak (FKIP, PBSI Smester1)"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.