Saturday, December 1, 2012

Perbedaan Strategi Inkuiri dengan Problem Solving


Perbedaan Stategi Inkuiri dengan Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving)-Assalamualaikum sobat semua...Sebelum kita membahas Perbedaan Strategi Inkuiri dengan Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving) ada baiknya jika kita tengok terlebih dahulu pengertian dari kedua strategi tersebut,
http://remajasampit.blogspot.com/
Strategi Inkuiri
Adalah strategi yang menekankan pada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. (PENGANTAR PENGAJARAN SASTRA, Azhariansah, M.Pd., M.A, Halaman 78)
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving)
Adalah strategi pembelajaran yang memberikan ruang bagi guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk menetapkan topik masalah, walaupun sebenarnya guru sudah mempersiapkan apa yang harus dibahas. Proses pembelajaran diarahkan agar siswa mampu menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. (PENGANTAR PENGAJARAN SASTRA, Azhariansah, M.Pd., M.A, Halaman 84)
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Perbedaan Strategi Inkuiri dan Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving)
Perbedaan 1
Strategi Inkuiri : Pada strategi ini materi ditemukan sendiri oleh siswa. Guru atau pengajar tidak membawa atau memiliki materi apapun sebagai pengacunya. Guru sudah menyediakan beberapa topik masalah untuk diselesaikan, dan guru menuntun siswa dalam penyelesaian masalah tersebut. Materi timbul saat studi lapangan.
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving) : Guru sudah menyediakan materi untuk dibahas. Namun guru tidak secara langsung memberikan materi tersebut. Guru memberi ruang bagi siswa untuk mencari masalah yang berkaitan dengan pokok pembahasan, kemudian guru menuntun siswa agar mencari penyelesaian masalah sesuai dengan bahan yang guru miliki.
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Perbedaan 2
Strategi Inkuiri : Mementingkan mencari jawaban atas permasalahan sampai tingkat yakin. Dalam mencari jawaban, siswa menganalisisnya dengan fakta-fakta yang ada. Titk tekannya lebih pada objek hakikat yang di cari. Guru tidak memiliki bahan untuk dianalisis.
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving) : Berpikir secara logis, tepat, tidak sampai pada hakikat dari objek yang dicari. Karena lebih ditekankan pada penggunaanya. Tidak mencari hakikat. Mencari sebuah objek hanya sebatas mencari masalah yang ada. Jika sudah menemukan jawabannya, maka analisis sudah berhenti sampai disitu. Tidak mencari hakikat lain yang berhubungan dengan objek masalah. Masalah yang ada di Prolem Solving sudah diarahkan oleh guru.
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Perbedaan 3
Strategi Inkuiri : Pemecahan masalah sampai ke kualiats Objek. Tetapi belum tentu menyelesaikan masalah. Strategi Inkuiri lebih memakan waktu yang lama.
http://remajasampit.blogspot.com/ 
Strategi Berbasis Masalah (Problem Solving) : Masalah harus terselesaikan sesuai dengan objek.

Ditulis Oleh : Fidian Armstrong ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Perbedaan Strategi Inkuiri dengan Problem Solving. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

Sampitkota Remaja Sampit Updated at: 7:09 AM

2 comments:

KISTA said...

makasih atas infonya gan,.,. happy WORDPRESS

CARA DAFTAR said...

info yang sangat bagus sekali gan.,. salam kenal dari saya refi aliyefi nurdin

Post a Comment

 
Design by Remaja Sampit | Contras .v1, | Gudang Widget