Contoh Straight News


Kemuhammadiyahan, Sistem Pendidikan Yang Berbeda

Yogyakarta, Kamis (25/10) Kampus 2 UAD-M Djandra (dosen), menjelaskan tentang peran serta dosen dalam pendidikan yang berbasis kemuhammadiyahan .

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu Universitas yang didalamnya menerapkan sistem pendidikan yang berbasis kemuhammadiyahan.  Pendidikan yang berbasis kemuhammadiyahan itu sendiri adalah pendidikan yang didalamnya mengandung unsur-unsur kemuhammadiyahan, seperti halya sunah-sunah , segala sesuatu yang berhubungan dengan muhammadiyah sedikit atau banyak di sisipkan dalam proses pembelajaran. Kalau bisa menciptakan sistem pembelajaran yang agamis, seperti sebelum memulai pelajaran berdo’a sebentar, pembacaan al-qur’an beserta terjemahannya walaupun hanya beberapa ayat, dan itu semua sudah termasuk sistem belajar kemuhammadiyahan (Djandra).

Pak Djandra sendiri yang merupakan salah seorang dosen yang aktivitasnya mengajar studi islam, belum lama ini telah menerapkan pendidikan  yang berbasis kemuhammadiyahan dalam pengajarannya.  Namun di dalam pembelajarannya, beliau juga mengalami beberapa kendala atau hambatan, salah satunya adalah ada beberapa mahasiswa yang masih belum lancar dan terbata-bata saat di suruh membaca Al-Qur’an. Meskipun tidak sedikit juga mahasiswa yang sudah bagus dan lancar membaca Al-Qur’an.

Dalam sistem pembelajaran kemuhammadiyan,  menurut Pak Djandra, mahasiswa ada yang senang dengan sistem yang di terapkan. Ada juga mahasiswa yang masih belum mengerti dengan baik pola pembelajaran kemuhammadiyahan. Semua tergantung kepada individu masing-masing mahasiswa, ujar Pak Djandra. (Cahyo Widodo)

0 Response to "Contoh Straight News"

Post a Comment