Upaya Meningkatan Kemampuan Menyimak

Upaya Meningkatan Kemampuan Menyimak.
  1. Menerima keanehan pembicara, yaitu kita harus menerima segala sesuatu dari pembicara baik itu keanehan yang ditunjikan pembicara, jika kita bisa menerima keanehan pembiara maka kita akan merasa senang menyimak pembicaraanya.
  2. Memperbaiki sikap, yaitu disaat kita menyimak dan kita dalam sikap yang kurang efektif, maka kita harus mencari posisi skap yang baik dan nyaman agar proses menyimak tidak teraganggu .
  3. Memperbaiki lingkungan, yaitu penyimak berusaha memperbaiki lingkungan yang tidak kondusif ke lingkungan yang kondusif, misal saat kita berbicara dengan teman kita ditempat yang bising atau menggangu seperi dipinggir jalan, maka kita bisa mencari tempat yang lebih tenanga agar pembicaraan kta berjalan dengan baik. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan menyimak.
  4. Jgn dl memberi pertimbangan, yaitu penyimak tidak boleh langsung memberi keputusan sebelum pembicara menyelesaikan pembicaraan, karena hal ini akan menimbulkan kesalah pahaman arti.
  5. Meningkatkan mutu ctatan, yaitu saat menyimak kita bisa mencatat hal-hal yang dianggap penting dan kita bisa meningkatkan kualitas catatan kita agar kesimpulan yang dapt kita ambil tidak jauh berbeda dengan apa yang kita simak.
  6. Menentukan tujuan khusus, yaitu penyimak harus menentukan apa tujuan utama/khusus  dari apa yang disimak, karena setelah mengetahui tujuan khusus penyimak aka lebih mudah menangkap informasi dari pembicara.
  7. Memanfaatkan waktu scr bijaksana. Yaitu kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan gunakan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting atau bahkan mengganggu proses menyimak. Kita harus lebih mengefesienkan waktu agar informasi yang kita terima sesuai dengan apa yang disampaikan (tidak ketinggalan nformasi),
  8. Menyimak scr rasional, yaitu yang di dalam prosesnya dapat dimengerti sesuai dengan kenyataan dan realitas dan fakta yang ada.
  9. Berlatih menyimak materi yg sukar. Yaitu kita dapat berlatih menyimak dengan materi yang sulit, tentunya dengan persiapan-persiapan seperti buku untuk mencatat hal penting dan suasana yang kondusif, ini bisa melatih kemampuan menyimak kita, jika kita sering menyimak materi yang sulit maka kita akan lebih mudah menyimak materi yang materinya lebih mudah disimak.
Upaya Meningkatan Kemampuan Menyimak

0 Response to "Upaya Meningkatan Kemampuan Menyimak"

Post a Comment