Sastra Indonesia Modern Mulai Berkembang Sekitar 1920-an

Sastra Indonesia Modern Mulai Berkembang Sekitar 1920-an
Ada beberapa pendapat yang berbeda terkait awal mula sastra Indonesia modern. Slametmuljana, Umar Junus, Nugroho Notosusanto, dan Ajip Rosidi memiliki pendapat masing-masing. Akan tetapi, banyak yang menyetujui bahwa. sastra Indonesia modern mulai berkembang sekitar 1920-an. Mengapa?

Karena, pada tahun 1920-an karya sastra modern mulai mencakup seluruh masyarakat Indonesia. Dan pengarang-pengarang karya sastra tidak lagi terbatas pada orang-orang melayu saja, melainkan sudah banyak pengarang-pengarang dari berbagai daerah di Indonesia. Alasan lain mengapa karya sastra Indonesia modern mulai berkembang pada tahun 1920-an adalah, karena mulai tahun 1920 –an karya-karya sastra mulai menyinggung soal politik dan nasionalisme bangsa Indonesia. 

Sastra Indonesia modern adalah karya sastra yang karya sastranya tidak hanya diciptakan dari orang-orang melayu saja, melainkan sudah berkembang keseluruh wilayah indonesia, ruang lingkup sastra modern juga lebih luas dari pada sastra sastra lama, hampir seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati berbagai karya sastra, berbeda dengan sastra lama yang sebagian besar dibuat oleh pengarang-pengarang dari melayu dan ruang lingkup yag sempit.

Sastra Indonesia Modern Mulai Berkembang Sekitar 1920-an

6 Responses to "Sastra Indonesia Modern Mulai Berkembang Sekitar 1920-an"

  1. Pintarnya dirimu menembak keyword yg pada anak" PBSI cari..
    Tugas take home pula..
    like it kawan.. blogging is my way :) :)
    salam anak pbsi kelas c besar kawan..

    ReplyDelete
  2. Salam kawan...
    bisa posting karya2 kalian nggak?

    ReplyDelete
  3. Pendapat yang masih menyatakan bahwa sastra modern Indonesia bermula dari tahun 1920-an adalah pendapat yang "dipaksakan" oleh pihak kolonial, yaitu pemerintah Hindia Belanda. Ketika Indonesia sudah merdeka, seharusnya pendapat seperti itu harus dikoreksi sebab sastra modern Indonesia sudah muncul sejak tahun 1857.

    ReplyDelete