Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

CARA MENGATASI KETAKUTAN BERBICARA DI DEPAN UMUM
  1. Atur nafas sampai merasa tenang. yaitu sebelum memulai berbicara didepan umum, pastikan bahwa rasa grogi kita hilang atau tidak nampak, dengan cara mengatur pernafasan setenang mungkin. Jangan memulai pembicaraan dengan kondisi yang masih grogi, hal ini bisa menimbulkan kesalahan ucapan atau bisa membuat kita salah tingkah.
  2. Buat jeda beberapa saat sebelum memulai pidato. Buatlah jeda antara sekitar 1 menit sebelum memulai pidato atau pembicaraan, pastikan persiapan-persiapan sudah lengkap dan rasa PD sudah muncul.
  3. Yakini bahwa tanda-tanda kecemasan fisik itu tak terlihat. Pastikan bahwa kecemasan atau gerak tubuh yang menunjukan bahwa kita dalam keadaan gugup tidak terlihat oleh audiens, hal ini akan mempengaruhi audiens, dan audiens akan mengira bahwa kita telah siap sepenuhnya.
  4. Jangan biarkan hadiri mengetahui kegugupan Anda, apalagi  meminta maaf untuknya. Jangan sekali-kali meminta maaf atas kegugupan, kesalahan tingkah, atau kecemasan kita. Hal ini justru akan membuat audiens menganggap kita tidak profesional, dan berstatus biasa, juga menganggap kita tidak berwawasan luas
  5. Buatlah persiapan matang sebelum tampil. Hal ini berkaitan dengan persiapan seperti catatan kecil untuk membantu kita dalam berpidato, dan pastikan sound sistem berjalan dengan baik.
  6. Terimalah ketidaksempurnaan. Kita harus tampil Percaya Diri, pastikan bahwa kita bisa berbicara di depan umum, jangan menghiraukan tentang ketidak sempurnaan kita, hal ini justru akan membuat rasa PD kita semakin menurun.
  7. Jangan terbebani oleh penampilan, fokuslah pada komunikasi. Dalam berbicara komunikasi adalah hal utama, oleh karena itu kita harus mengedepankan komunikasi kita dengan audiens, pastikan komunikasi kita berjalan dengan lancar, Jangan terbebankan oleh penampilan.
  8. Jangan membebani pikiran dengan berusaha menghafal isi pidato. Ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan. Jangan menghapal keseluruhan isi pidato, kita hanya dituntut membaca sekilasa dan memahami bahan pidato, jika kita menghafal, justru malah membebani pikiran kita,, dan kita terlihat terlalu mengacu pada teks.
  9. Gunakan alat-alat bantu untuk mengalihkan kecemasan. Untuk  menghilangkan kecemasan yang nampak, alihkan dengan alat-alat disekitar anda, misal dengan microfone, sapu tangan, kertas catatan, dll, buat audiens tidak melihat tanda-tanda kecemasan kita.
  10. Bayangkan diri Anda tengah memberikan pidato yang bagus dan kuat. Kita harus berfikiran bahwa apa yang kita sampaikan adalah suatu informasi yang bagus dan berkualitas, hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri  kita.

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

1 Response to "Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum"