Aliran-Aliran Kesusastraan

Aliran-Aliran Kesusastraan
Fannanie, Zainudin, 2001 telaah Sastra, Surakarta : MU Press
  1. Aliran Romantisme, adalah aliran yang mendasarkan ungkapan perasaan sebagai dasar perwujudan (seindah-indahnya dan sehalus-halusnya agar pembaca tersentuh emosinya). Ex: Hikayat si miskin, Siti Nurbaya, contoh: fajarpun terbit dri jihat timur, kicau murai pohon kayu, dan kokok ayam di kandang laksana serunai nafir mengelu-elukan kedatangan maharaja yang menang dalam perjuanan (Hamka. Tenggelamnya Kapal Van Der Wick).
  2. Aliran idialeisme, adalah aliran yang mengangankan suatu keindahan, tapi bukan materi yang dituju, melainkan cita-cita atau harapan yang jauh ke depan. Dunia yang diangankan, dunia yang penuh harapan dan cita-cita tanpa melihat realitas kehidupan. Ex: Novel Layar Terkembang.
  3. Aliran Realisme , adalah aliran yang melukiskan objek seperti apa adanya. Objek dilukiskan detail, tidak dikurangi atau ditambahi. Ex: Dari Are Maria ke Jalan Lain ke Roma.
  4. Aliran Ekspreionalisme, adalah aliran yang berusaha melukiskan pengelihatan dan pendengaran jiwa. Ex: Sajak Aku.
  5. Aliran Impresionalisme. Adalah aliran yang berusaha melahirkan segala yang dialami dan dilihat, tetapi yang dipentingkan hanya kesan sesaat.
  6. Aliran Naturalisme, adalah kelanjutan dari Aliran Realisme, tetapi lebih cenderung melukiskan segi-segi yang jelek atau cabul. Ex: Belenggu, JTAU.
  7. Aliran Simbolisme, adalah aliran yang berusaha melukiskan pencerapan panca indra dan merupakan lambang dari kenyataan yang sebenarnya. Ex: Tinjaulah Dunia Sana, Bekisar Merah, Belantik.
  8. Aliran Psikologisme, adalah aliran yang berusaha melukiskan gerak-gerik jiwa dan perjuangan batin seseorang terhadap alam gaib atau problem hidup. Ex: belenggu, Atheis, dll.
  9. Aliran Suralisme, adalah aliran yang memberi lukisan lebih dari realitas melukiskan sesuatu kenyataan yang lebih luas, meliputi gejala yang disadari dan tidak disadari. Ex: Merahnya Merah, Ziarah, dll.
Aliran-Aliran Kesusastraan , 9 Aliran Kesusastraan

0 Response to "Aliran-Aliran Kesusastraan"

Post a Comment