Friday, January 11, 2013

Perbedaan Ciri-Ciri Puisi Angkatan 45 Dan Puisi Masa Jepang

Perbedaan Ciri-Ciri Puisi Angkatan 45 Dan Puisi Masa Jepang
Assalamualaikum sobat ,,sobat sedang membaca artikel yang berkaitan dengan perbedaan ciri-ciri puisi pada masa Angkatan 45 dan Masa Jepang.Berikut ini adalah perbedaan ciri-ciri puisi pada masa Angkatan 45 dan Masa Jepang

a.Puisi angkatan 45 memiliki perbedaan yang jelas dengan Puisi pada masa Jepang, puisi Angkatan 45 memiliki ciri yang tidak ada kaitan dan singgungan terhadap Jepang. Puisi Angkatan 45 juga bersifat bebas (tidak terikat pembagian bait,baris, lirik rima). Sedangkan puisi pada Masa Jepang Mencerminkan kekaguman, pujian, dan simpati terhadap Heiho Jepang berjibaku menyerang musuh, dan diharapkan semangat itu menjadi semangat Indonesia.

b.Perbedaan ciri yang kedua yaitu terletak pada ekspresi puisi tersebut. Puisi Angkatan 45 memiliki ciri ekspresi dan sesuai dengan realita kehidupan pengarang. Belum ada muncul puisi yang mengekpresiakan kecaman terhadap Jepang. Sedangkan puisi pada Angkatan Jepang, Muncul rasa benci, dendam, dam berontak terhadap keadaan yang mencekam dalam puisinya.

c.Puisi Angkatan 45 memiliki ciri, Diksinya yang mengemukakan pengalaman batin yang mendalam dan mengungkapkan intensitas arti. Kosakatanya adalah bahasa sehari-hari sesuai dengan aliran realisme. Sedangkan Puisi pada Masa Jepang lebih Menunjukkan sikap tawakal terhadap Tuhan atau berserah kepada Nasib karena terpaksa haurs menerima kesengsaraan dan penderitaan.

d.Gaya yang digunakan pada Puisi Angkatan 45 adalah Gaya bahasa metafora dan simbolik banyak dipergunakan; kata-kata, frase, dan kalimat bermakna ganda menyebabkan tafsiran ganda bagi pembaca. Sedangkan dalam puisi Pada Masa Jepang, menceritakan Sikap orang berkepala dua atau bersikap bunglon demi mengeruk keuntungan dan memanfaatkan situasi. Penafsiran puisi pada Masa jepang tidak lagi ambigu.

e.Puisi Angkatan 45 memiliki ciri Gaya pernyataan pikiran berkembang, dan hal ini kelak berkembang menjadi sloganis. Sedangkan puisi yang terdapat pada Masa Jepang lebih mengarah pada Pujian terhadap pejuang muda Indonesia yang Mulai bangkit.
Tag : Perbedaan Ciri-Ciri Puisi Angkatan 45 Dan Puisi Masa Jepang

Ditulis Oleh : Fidian Rahman ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Perbedaan Ciri-Ciri Puisi Angkatan 45 Dan Puisi Masa Jepang. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

1 comments:

agus bg said...

perbedaanya beda jauh ya sob..

Post a Comment

 
Design by Fidian | Sitemap | About Us | DMCA | Privacy Policy