Friday, November 23, 2012

Jenis-Jenis Media Pembelajaran


Berikut adalah Jenis-Jenis Media Pembelajaran :
A.  Media Visual
Seperti  halnya  media  yang  lain,  media  visual  berfungsi  untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol visual. 
  1. Gambar atau foto. Kita  sering  menggunakan  gambar  atau  foto  sebagai  media pembelajaran karena gambar merupakan bahasa yang umum yang  dapat  dimengerti  dan  dinikmati  dimana  saja  oleh  siapa saja. 
  2. Sketsa .Sketsa merupakan gambar yang merupakan draft kasar  yang menyajikan  bagian-bagian  pokonya  saja  tanpa  detail.  Sketsa selain  dapat menarik perhatian peserta atau siswa juga dapat menghindari  verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan. 
  3. Diagram. Berfungsi sebagai  penyederhana sesuatu  yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan. Isi diagram pada umumnya  berupa  petunjuk-petunjuk. 
  4. Bagan/Chart. Terdapat dua jenis chart yaitu chart yang menyajikan pesannya secara  bertahap dan chart yang menyajikan pesannya sekaligus.  Chart  yang  menyajikan  pesannya  secara  bertahap misalnya adalah  flipchart atau hidden chart. 
  5. Grafik. Disusun  berdasarkan  prinsip  matematik  dan  menggunakan data-data komparatif, grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan  titik-titik,  garis  atau  simbol-simbol  verbal  yang berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek
  6. Kartun. Suatu  gambar  interpretatif  yang  menggunakan  simbol-simbol untuk  menyampaikan  suatu  pesan  secara  cepat  dan  ringkas atau suatu sikap terhadap orang, situasi atau kejadian-kejadian tertentu. 
  7. Poster. Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, seng dan sebagainya.  Poster  tidak  saja  penting  untuk  menyampaikan pesan   atau  kesan  tertentu  akan  tetapi  mampu  pula  untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.
  8. Peta dan Globe. Berfungsi untuk menyajikan data-data yang berhubungan dengan lokasi suatu daerah baik berupa keadaan alam, hasil bumi, hasil tambang atau lain sebagainya. 
  9. Papan planel. Papan berlapis kain planel ini dapat berisi gambar atau huruf yang  dapat  ditempel  dan  dilepas  sesuai  kebutuhan,  gambar atau huruf tadi dapat melekat pada kain planel karena di bagian bawahnya   dilapisi   kertas  amplas.
  10. Papan Buletin. Papan  ini   tidak   dilapisi   oleh   kain  planel,   tetapi   langsung ditempeli   gambar   atau   tulisan.   Papan   ini   berfungsi   untuk memberitahukan kejadian  dalam  waktu  tertentu.  Media  visual lainnya   seperti  gambar,  poster,  sketsa  atau  diagram  dapat dipakai sebagai bahan pembuatan papan buletin.

B. Media Audio
Media audio adalah jenis media yang berhubungan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang uaditif. Beberapa  jenis media yang  dapat digolongkan ke dalam media audio adalah sebagai berikut:Radio, Alat perekam magnetic.

C. Media Proyeksi
Beberapa  media  yang  termasuk  kedalam  media  proyeksi  diam diantaranya adalah:
  1. Film Bingkai. Film bingkai adalah suatu film positif baik hitam putih ataupun berwarna  yang  berukuran  35  mm,  dan  umumnya  dibingkai dengan ukuran 2 x 2 inchi. Untuk melihatnya perlu ditayangkan dengan proyektor slide. 
  2. Film Rangkai. Film rangkai hampir sama dengan film bingkai, bedanya pada film  rangkai frame atau gambar tidak memerlukan bingkai dan merupakan  rangkaian berurutan dari sebuah gambar. 
  3. OHT. Over Head Transparancy (OHT) adalah media visual proyeksi, dibuat di atas bahan transparan,  biasanya film acetate atau plastik  berukuran  8,5 x 11  inchi,
  4. Opaque Projektor. Projektor yang tak tembus pandang, karena yang diproyeksikan bukan bahan transparan tetapi bahan-bahan yang tidak tembus pandang (opaque) 
  5. Mikrofis. Mikrofis  adalah  lembaran  film  transparan  yang  terdiri  atas lambang-lambang visual yang diperkecil sedemikian sehingga tidak  dapat  dibaca  dengan  mata  telanjang.

D.  Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
Beberapa jenis media yang masuk dalam kelompok ini adalah:
  1. Film gerak. Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat meanrik karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar  berulang-ulang  sesuai  dengan  kebutuhan. 
  2. Film gelang. Film gelang atau film loop adalah jenis media yang terdiri atas film  berukuran 8 mm dan 16 mm yang ujung-ujungnya saling bersambungan sehingga film ini akan berulang terus menerus jika  tidak dimatikan. 
  3. Program TV. Televisi  dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak. 
  4. Video. Pesan yang disajikan  dalam media video  dapat  berupa  fakta maupun fiktif, dapat bersifat  informatif, edukatif  maupun instruksional

E.  Multimedia
Vaughan (2004) menjelaskan bahwa multimedia adalah sembarang kombinasi yang  terdiri atas  teks,  seni grafik, bunyi, animasi  dan video yang  diterima  oleh  pengguna  melalui  komputer.

F.  Benda
Benda-benda  yang  ada  disekitar  dapat  digunakan  pula  sebagai media  pembelajaran,  baik  benda asli maupun benda tiruan atau miniatur.

Ditulis Oleh : Fidian Rahman ~ Tutorial Dan Variasi Blog

Remaja Sampit Sobat sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

5 comments:

Saiful Anasz said...

Kunjungan Rutin Gann...

Blognya Manteb Gan Keren,Gak Berat, Elegant.


Coment back Yak..

Kota Sampit said...

Oke sob ,,, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya gan ....

Fachrul Akbar Tirtawidjaja said...

termakasih gan infonya...
mampri ya ke blog-fachrul.blogspot.com

KISTA said...

makasih atas infonya gan,.,. happy WORDPRESS

CARA DAFTAR said...

info yang sangat bagus sekali gan.,. salam kenal dari saya refi aliyefi nurdin

Post a Comment

 
Design by Fidian | Sitemap | About Us | DMCA | Privacy Policy