Perbandingan Ciri Puisi Lama Dengan Puisi Angkatan Balai Pustaka

Perbandingan Ciri Puisi Lama Dengan Puisi Angkatan Balai Pustaka.
Berikut adalah Perbandingannya:
a.Dari segi latar belakang penciptaan. Puisi Lama memiliki latar belakang pengarang Anonim atau tidak dikenali siapa pegarangnya, sehingga menjadi milik bersama. sedangkan puisi-puisi Angkatan Balai Pustaka memiliki latar belakang pencipta yang jelas dan memiliki hak cipta (individu).

b.Dari segi perkembangannya. Puisi Lama berkembang secara statis yaitu secara lisan, dari mulut ke mulut hingga turun temurun. Sedangkan Puisi Angkatan Balai Pustaka berkembang secara dinamis, yaitu melalui media cetak dan Audiovisual.

c.Dari segi batasan-batasan, Puisi Lama bersifat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima. Berbeda dengan Puisi-Puisi Angkatan Balai Pustaka yang tidak memiliki peraturan terikat mengenai jumlah suku kata, baris, maupun rima.

d.Dari segi bentuk, Puisi lama berupa pantun, syair, gurindam. Pantun memiliki sampiran dan isi. Sedangkan Puisi Angkatan Balai Pustaka memiliki corak yang serupa dengan pantun dan syair seperti pada puisi lama, namun pada corak yang sama dengan pantun tidak memiliki sampiran layaknya pantun.

0 Response to "Perbandingan Ciri Puisi Lama Dengan Puisi Angkatan Balai Pustaka"

Post a Comment