Macam-Macam Pola Warna pada Kucing

Title: Macam-Macam Pola Warna pada Kucing
Tag : Warna Kucing, Jenis Warna Kucing, Pola Warna pada Kucing, Penyebutan Warna pada Bulu Kucing.
Macam-Macam Pola Warna pada Kucing
Assalamualaikum Wr Wb..
Kali ini kita akan membahas informasi seputar kucing. Kucing adalah hewan yang sangat bersahabat dengan manusia. Selain perawakannya yang lucu, beberapa kucing juga memiliki pola warna tersendiri yang menarik. Macam-macam warna pada kucing ternyata juga memiliki nama sebutan pada tiap-tiap pola warnanya loh. Mungkin selama ini kita mengenal kucing hanya 2 jenis, yaitu polos dan loreng. Namun jika kita ingin mengenal lebih spesifik (terperinci) warna-waarna pada kucing, ada banya penyebutan untuk macam-macam warna pada kucing.

Warna dasar kucing sebenarnya ada empat, yaitu : black (hitam), chocolate (cokelat), Red (Kuning tua)  dan white (putih). Berbagai warna turunan dari warna dasar berupa blue (abu-abu), Lilac (coklat muda), Fawn ( lebih muda dari lilac) dan cream (krem). Terdapat berbagai bentuk kombinasi dari delapan warna dasar di atas. Setiap kombinasi warna membentuk pola tertentu. Mari kita bahas secara lebih terperinci macam-macam warna tersebut.

Kucing berwarna solid adalah kucing yang hanya memiliki 1 macam warna. Sangat mudah membedakan kucing berwarna solid dengan kucing yg memiliki warna lain. Warna-warna solid biasanya adalah  warna dasar, seperti : hitam, putih coklat, cream, abu-abu (disebut blue dalam dunia perkucingan), dll. Warna-warna dasar ini bukan satu patokan yang mutlak. Beberapa orang ada berpendapat  warna dasar hanya ada empat, yaitu : black, chocolate, red dan white sedangkan warna lainnya merupakan variasi dari keempat warna tersebut. Berikut adalah contoh kucing dengan warna solid.
Nama aslinya adalah Tortoiseshell, tapi nama bekennya adalah Tortie. Tortie adalah kependekan dari tortoiseshell. Tortie adalah kombinasi dari dua warna solid red dan black dengan batas-batas yang tidak jelas (campur aduk). Hampir semua kucing tortie berjenis kelamin betina. Penyebab kebanyakan warna tortie adalah betina adalah karena betina memiliki kromosom sex XX, sedangkan jantan XY. Karena warna red dan black terikat pada kromosom X, jadi warna tersebut hanya bisa muncul secara bersamaan pada kucing betina (XX). Kalaupun ada kucing jantan berwarna tortie, artinya kucing jantan itu mengalami kelainan kromosom (kelebihan kromosom). Kucing jantan berwarna tortie bisa dianggap kucing "banci"  karena memliki kromosom XXY (normalnya hanya XX atau XY). Warna utama tortie adalah black. Luas daerah yang berwarna red sangat bervariasi. Beberapa tortie mempunyai warna red lebih  banyak dari black. Warna ini disebut juga Reverse tortie. Berikut adalah contoh kucing dengan pola warna Tortie.
Torbie adalah kependekan dari tortoiseshell-tabby. Torbie adalah kombinasi dua warna tortie dan tabby. Bagi orang awam agak sulit membedakan tortie dengan torbie. Cara termudah mengenali torbie adalah dengan mengenali bentuk seperti huruf  "M"yang terletak di atas hidung atau pola tabby pada daerah (helai  bulu) yang berwarna hitam. Berikut adalah contoh kucing dengan pola warna Torbie
Menurut saya pola Tabby adalah pola yg paling keren. Karena pola tabby ini biasanya membentuk pola dengan alur dan kontras warna yang jelas dan teratur, tidak seperti tortie dan torbie yang acak-acakan. Tabby adalah pola warna loreng seperti pada harimau. Pola warna ini berkombinasi dengan berbagai warna dasar. Berikut adalah contoh kucing dengan warna dan pola warna tabby dengan berbagai variasinya.

Pola warna colorpoint adalah pola warna yang terbentuk dari warna solid atau tabby yang terdapat di daerah sekitar telinga, hidung (muka), ujung kaki, dan ekor. Contoh paling mudah warna ini terdapat pada kucing siam. Seperti warna tabby yang terdapat pada  tortie, warna tabby juga bisa terdapat pada colorpoint. Warna ini disebut Lynx point. Pola tabby dapat dikenali dengan mudah bila terdapat tanda seperti huruf  "M" di daerah atas mata. Pada saat lahir, semua kucing colorpoint berwarna putih. Baru beberapa hari sampai beberapa minggu warna point mulai muncul. Warna point akan semakin pekat bila kucing hidup di daerah dingin. Sebaliknya warna point akan menjadi pucat bila kucing hidup di daerah panas. Berikut adalah contoh kucing dengan pola warna color point.
Macam-Macam Pola Warna pada Kucing
Macam-Macam Pola Warna pada Kucing
Nah itu tadi sedikit informasi terkait Macam-Macam Pola Warna pada Kucing, semoga membantu sobat-sobat semua dalam mengenal dunia kucing ya. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalamuallaikum Wr Wb.
Tag: Macam-Macam Pola Warna pada Kucing

11 Responses to "Macam-Macam Pola Warna pada Kucing"

  1. oh ya terimakasih banget infonya dan juga artikelnya bagus mudah dipahami Obat Herbal Asam Urat

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.